Selasa, 17 Maret 2009

Pembunuhan Karakter a la cyber


Akhir2 ini, dunia cyber disemarakan dengan adanya pencurian account2 para penggunanya...nah lo..jadi menurut majalah nasional ini, si pencuri ini menyiapkan sebuah link yang akan diposting di YM seseorang, na..ketika seseorang ini mengklik link ini, maka dengan gak sadar, dy udah memberikan account YM dan password-nya kepada si pencuri. na, si pencuri ini bakal dengan leluasa memberikan link ini ke temen2 si empunya YM, sehingga, temen2 si empunya YM jg kecuri passwordnya, dan mungkin bakal mengira bahwa si teman ngirim virus ke YM dia. Mungkin klo cuman temen cyber sih gak gitu masalah..yang menjadi persoalan klo mereka bener2 udah sohiban lama, dan kemudian brantem hanya karena masalah YM..kan jadi sinetron banget tuh...a.k.a. KHAYAL.

Trus, beberapa waktu yang lalu, ada jg berita dan anjuran yang gak kalah heboh. Di sebuah situs warta digital yang jg ber oplah nasional. Menganjurkan untuk tidak mengumbar data pribadi di situs pertemanan kek facebook, friendster, myspace dkk. Karena ada kasus, seorang mahasiswa merasa diteror oleh orang2 tak dikenal gara2 account dia di sebuah situs pertemanan di copy orang, jadi accountnya gak dicuri/di retas, tapi dibuat sebuah account baru, seolah2 si empunya asli inilah pengelola web tersebut.

Meminjam istilah yang pernah dipopulerkan oleh seorang penyanyi dangdut senior, inilah yang ndaru maksud sebagai pembunuhan karakter a la cyber. Ndaru pernah mengalami hal2 kekgini. YM ndaru di retas orang gak dikenal. Dan posting yang aneh2 ke temen2 di list ndaru. Ndaru gak kenal ma ne orang, tapi klo diliat dari kelakuannya, jelas dia orang sarap yang kurang kerjaan. Masih sukur sih, ndaru mpe sekarang gak pernah bermasalah dengan situs2 pertemanan, apa yang ndaru posting dan embed disono udah ndaru sortir baek2 sehingga bisa sedikit lebih tenang. Poto2 jg ndaru private sehingga, orang yang mau liat musti ijin dulu ke ndaru, darisini kan kt bisa mengontrol tuh sapa2 aja yang liat n mengunduh poto2 kita.

Ada lagi orang sarap yang juga bisa disebut sebagai pembunuh karakter orang laen. Orang2 ini adalah orang2 yang sebenernya gak bisa dan bisa dipastikan buta soal dunia hacking dan phising. bahkan dia mungkin gak tau apa itu hacking n phising. Tapi ne orang suka nggacor yang engga'2. Di room bejibun noh tipe2 orang kekgini. Ada pula orang yang sok kenal, trus menjodoh2kan seorang ke temen yang laen, seperti mak comblang ulung yang siap menjodohkan jomblo2 kapiran. Eh...elu di cari si itu lho(padahal ybs gak ngerasa nyari2), eh elu ditaksir si itu lho...kekmana tuh si anu, udah ngobrol belon?..ya kira2 seperti itulah. Mungkin sih niatnya baek. Tapi apa orang2 kekgini nyadar? bahwa sebuah relasi itu, baek cyber maupun real, gak bisa dipaksain. Ada jg orang yang suka ngadu. Dy ngobrol ke satu orang, dicurhatin banyak, trus dia jual deh ke orang laen.

Klo menurut ndaru, semua bikinan manusia itu baek adanya. Adanya meebo, facebook, friendster dkk adalah sebuah sarana buat mempererat tali silaturahmi..ya gak sih? untuk berinteraksi dengan manusia laen yang mungkin jaraknya ribuan langkah kingkong. Kan katanya manusia itu makhluk sosial yang ciri utamanya suka berkomunitas dan berhubungan dengan manusia lainnya. Lha media2 seperti situs pertemanan dan mesin chatting inilah penemuan manusia untuk mengatasi keterbatasan jarak dan waktu yang ada. Jadi misalnya bapak kita lagi tugas di Namibia, dan kita musti tinggal di lereng gunung merbabu misalnya, kita gak perlu berkunjung ke Namibia, tapi cukup ke warnet terdekat buat chatting ato liat facebook si bapak.

Tapi seperti halnya di dunia nyata, banyak jg orang sarap yang kurang kerjaan dan merasa berhak buat mengacau harmonisasi dan idealisme dari sebuah relasi cyber. Tujuan baek yang selama ini diemban oleh alat2 komunikasi ini dirusak dengan perasaan gak nyaman dan aman kita selama berinteraksi di dunia cyber karena ulah kampungan dari oknum2 gak bertanggungjawab. Ya..namanya aja masih didunia...mau gak mau jg kita ketemu sama orang banyak yang punya pemikiran dan kode sendiri2 di jidat mereka.

gambar diculik tanpa ampun dari sini

1 komentar:

omiyan mengatakan...

ngeri juga mas jadinya, kejahatan cyber emang bener-bener