Sabtu, 19 Februari 2011

Kamis, 17 Februari 2011

Hasrat

Nganu, tau duit ya? Itu lho barang dari kertas ato logaman yang sukak buat mbeli2. Na kali ini, nDaru pengin nggambus soal kekuatan duit. Seberapa sih kuatnya duit sampe2 orang pada ngeden2 nyarik duit sebanyak2nya. Ato berapa orang yang pengin sukses secara finansial sehingga bisa haha hihi dan nggembelo sambil nenteng barang2 keren yang harganya kadang endak masuk akal buat jidat nDaru yg keling2 ini. Dan nDaru yakin kok, tiap2 orang pasti pusing soal duit ini, entah itu tetangga nDaru yang cuman jualan kolak, atopun si Dasrun yang katanya kemaren abis kecopetan. Ato bahkan Om AbBe, itu lho juragannya Esia dkk, nDaru yakin kalok dia pasti juga mumet mikirin duit, cuman bedanya dia mikir sisa duitnya mau dia bikin apa. Kalok Si Dasrun kan masih puyeng kekgimana ndapet duitnya.


Duit emang berkuasa, ketika malem2 sampeyan laper dan hujan lagi lebat2nya, sampeyan tinggal mencet sekian digit angka di telepon dan hanya dalam waktu kurang dari setengah jam sampeyan bisa ndapet pengganjal perut tanpa repot2 keluar rumah ato masak sendiri. Tanpa sadar sampeyan baru saja membuat seorang petugas delivery terancam kenak pneumonia. Begitu berkuasanya punyak duit sampek2 sampeyan bisa menyuruh seorang anak yang mustinya duduk di bangku sekolah buat nyemirin sepatu sampeyan sementara sampeyan liyer2 nunggu sepatu sampeyan jadi kinclong. Dan begitu berkuwasannya duit sampek yang empunya duit itu sanggup menyuruh orang2 buat noblos gambar mereka di bilik sempit. Lalu mereka bisa leyeh2 di ruang sidang.


Kalok dihitung2 lagi, di negara kita ini sebenernya berapa sih orang kaya di dunia ini? Kalok sama orang sekeng (=kere menahun) mana lebih banyak? Tapi orang2 yang kaya inilah yang sanggup mendominasi kehidupan negara ini sehingga di kertasnya Pak Presiden, pertumbuhan ekonomi ini naik terus di masa pemerintahannya.


Kalok kata Mastein, mungkin sampeyan musti belajar jadi orang kaya, menyelami hidup serba mudah dan mewah agar nanti bisa benar2 jadi kaya. Dan kalok sudah kaya, sampeyan mau pakek sandal crocs bajakan mbeli di Pasar Legi juga bakal terlihat asli. Menjadi kaya jelas bakal membuat hidup sampeyan enak kepenak lico linggo (=lali konco lali tonggo)


Tapi kadang, punyak duit / menjadi kaya itu menumpulkan hati, kalok kek yang nDaru contohin tentang delivery service tadi, sebelum kita mencet tombol nomer layanan itu, apakah kita jugak sempat mikir bahwa tukang anter2 makanan itu juga butuh kesal, butuh anyel, butuh istrahat tapi juga butuh duit buat membiayai hidupnya? Sebelum kemaren Pak Presiden berpidato soal gajinya yang endak naek itu, apa beliau sudah yakin bahwa perbandingannya dengan gaji tentara bukanlah sebuah perbandingan yang absurd?


Na parahnya, banyak orang bekerja itu demi duidh, motivasinya hanya sekedar mencapai kemapanan ekonomi. Padahal kata Rene Suhardono, itu lho om2 yang ahli motivasi orang sekaligus penulis buku your job is not your career, tujuan orang berkarir itu seharusnya dapet happiness dan fulfillment. Jadi kalok fokusnya cuman pada duit, orang jadi gak punyak passion, ato hasrat untuk menekuni apa yang dia kerjakan. Ini nDaru punyak perbandingan bagus. Kita tengok si Juminten, dosen muda di sebuah perguruan tinggi suwasta di kota nDaru, hanya dengan gaji yang mencapai 1 juta sebulan, dia begitu bersemangat ngajar mahasiswa2nya, tiap hari brangkat paling pagi, menyiapkan materi yang mau dia ajar sampek malem, belon kalok pas musim ujian dia musti nglembur ngoreksi kerjaan mahasiswa2nya. Lalu dia masih sibuk menyiapken proposal dan berkas2 buat nglamar beasiswa biar bisa sekolah gratis di negeri orang. Semua dia kerjakan dengan hanya sedikit keluhan. Hasilnya juga mungkin baru bakal keluar ketika nanti mahasiswa2 yang dia ajar itu bisa menjadi guru yang kreatip dan pinter ngajar.


Lain cerita dengan polisi sopir truk dalmas yang dihancurin massa di Temanggung kemaren. Truk yang dia rawat tiap hari, bahkan mungkin dia belon mandi udah nyuci truknya, eh diglimpangin orang dia diem aja. Kalok nDaru liat di tipi, dia dan temen2nya cuman bengong ketika orang2 mengglimpangkan tu truk. Lagi, kalok sampeyan liat di tipi2 itu, yang predikat pekerjaannya katanya jadi wakil rakyat itu, kalok pas rapat soal rakyat kok malah bobok. Padahal kan itu bukan jam tidur siang. Hati2 lho, mbok disarankan ke ndokteran biar di preksa jangan2 diabetes melitus.


Perbandingan itu bukan nDaru mau njelek2in satu kerjaan lalu mengagungkan kerjaan laen lho. Dosen muda yang brengsek banyak kok, tapi polisi ato politisi yang baek juga (MESKI SUSAH NYARIKNYA) juga pasti ada lah. Semua balik lagi ke orang yang menjalani kerjaan itu keknya. Karena pada dasarnya, semua kerjaan itu baek adanya, jadi jelek karena OKNUM yang menjalankan kerjaan itu kan? Wong nyatanya itu, semalem Cesc Fabregas maen luar biasa bagus buat Arsenal, padahal kan dia ngebet banget pengin maen buat Barca. Udah gitu, dulu dia belajar bola juga dari akademi sepakbolanya Barcelona FC


Na, postingan ini setelah dipikir2 relevan juga sama apa yang kemaren nDaru komenken di Blognya Pak Trainer kemaren, tentang kalimat bijak bikinan sendiri, nDaru punyak kok. Bekerjalah untuk upah yang mahal, atau tanpa bayar sama sekali. Kenapa? Ketika nDaru bisa menghargai hasil kerjaan nDaru sendiri, nDaru yakin bahwa itulah hasil perasan keringat nDaru yang terbaek. nDaru punyak (*kalok kata Om Rene tadi*) passion yang besar untuk menghidupi apa yang nDaru kerjakan itu. Ketika nDaru mematok harga yang mahal, bukan karena nDaru kemlinthi (=sombong), tapi cuman gak pengin memberikan sesuatu yang murahan untuk orang yang udah percaya ke nDaru.

Senin, 14 Februari 2011

Derby dan Valentine Day

Sebuah kesibukan rutin nDaru di akhir pekan adalah nonton bola, begitu juga semalem. Dari jam 1 siang sampek larut malem, adaaaa aja sepak bola yang disiarin di tipi. Mulai dari pertandingan LPI yang menyajikan Semarang United kontra Bali Devata, lalu LPI lagi antara Jakarta 1928 vs Cendrawasih Papua, dan yang paling nDaru tunggu yaitu derby mahal antara Manchester City lawan MU, trus trakir yang gak kalah gayeng, Arsenal ketemu Wolverhampton.


Na, kalok yang partai-nya LPI ini karena nDaru penasaran aja sama liganya yang katanya lebih baek itu. Dan sejauh yang nDaru tonton emang agak beda ya dari LSI. Kalok taktik dan permainan sih emang gak jauh beda dari LSI, taktik2 yang Indonesia banget lah. Yang asik adalah pas nonton Tevez dkk yang nyeraang terus ke gawang MU, tapi cuman 1 yang akhirnya luput dari tangan midas Van der Sar. Tapi mereka punya taktik yang OK punya kok. Mancini sukses meracik bintang2 yang dibeli sama seh mansur menjadi tim yang punya determinasi kuat, cuman keknya emang bad luck aja, ato jiper sama dominasi MU.

Di laen sisi, untuk tim matang sekelas MU, gol David Silva gak perlu terjadi. Seharusnya mereka bisa kok meraup kemenangan penuh. Na, dari situ sebenernya ketahuan kalok MU butuh berevolusi. Tanpa meremehkan kebesaran nama Sir Alex Ferguson, kalok gak pengin mengalami musim paceklik kek AC Milan kemaren, MU mau endak mau musti segera berbenah, gak bisa dong mengandalkan Wayne Rooney doang. Emang sih dia jenius mengocek bola dan bikin gol, tapi kan tetep aja masih kalah sama Tevez yang udah membuat 20 goal selama musim ini. Tim2 di liga eropa sudah mulai berevolusi dengan menjadikan tim sepakbola mirip2 pabrik tahu yang di target hasil berapa kalah dan berapa menang, kalok ngaco yaaa...pecat.


kecuali Timnas, AC Milan dan Barcelona, nDaru endak gitu fanatik abis sama sebuah tim. Tapi sepanjang pengamatan nDaru menjadi suporter senior (nDaru udah nonton bola sejak AC Milan bersponsor Motta, musim 1992/1993) Banyak tim2 besar yang sudah harus mengikuti sistem yang sekarang diadaptasi sama kebanyakan tim2 di dunia, sekarang sebuah tim tidak bisa hanya bersandar pada tradisi lawas dan fanatisme para pendukungnya. Lihat saja Chelsea dan Manchester City. Di awal 2000an, di Indonesia, siapa yang ngerti tim berjuluk the citizen ini? Ketika menyebut Manchester, pasti jidatnya langsung dibawa ke MU, padahal Manchester City ini dulu pernah menjadi juara Liga Premiere tahun 1937 dan 1976. Sekarang, Manchester City menjelma menjadi sebuah tim yang dihuni oleh bintang2 dunia macam David Silva ato Nigel de Jong, dan permainan mereka juga gak jelek2 amat.


Memang kalok ngomongin nostalgia, pemain loyal macam Paolo Maldini, Alessandro Del Piero, Ryan Gigs ato legenda hidup laennya, susah dicari. Tapi kalok trus berhenti di permainan mereka ya keknya gak bakal bisa menjawab tantangan industri sepakbola modern yang sekarang sudah menjangkiti ranah sepakbola di seluruh dunia.

Pertandingan berikutnya yang nDaru tonton adalah Arsenal lawan Wolverhampton, sebenernya sih nDaru agak2 pengin Woflerhampton yang menang, biar julukan pembunuh raksasa di kandang mereka sendiri bisa sempurna setelah sukses menghempaskan Chelsea dan MU. Na, pas ketemu Arsenal semalem, Van Persie dkk berhasil meredam permainan ngotot yang diperagakan anak2 srigala itu. Dan, pertandingan terakhir yang nDaru tonton adalah tak lain tak bukan AC Milan vs Parma. Kalok musim kemarin mules2 n males kerja nDaru karena sindrom AC Milan kalah mulu, sekarang gejala itu udah gak sering muncul, apalagi semalem Milan menang banyak lawan Parma.


Lha, terus apa hubungannya dengan Valentine Day? ehehehe...karena sibuk nonton bola, nDaru lupa mbalesin SMS selamat hari kasih sayang. Soale yaaaa..maaf ya, buat nDaru, semua hari adalah hari kasih sayang kok. Buat apa nunggu 14 Februari kalok cuman mau bilang sayang? Valentine Day buat nDaru gak lebih dari sebuah komersialisasi budaya saja yang gak asik kalok diikutin. Cinta itu masalah perbuatan mas/mbak, dan antri mbeli coklat di mall keknya bukan salahsatunya



Jumat, 11 Februari 2011

Tentang Temanggung

Rabu, 9 Februari 2011, 05.30 AM

Dia menghidupkan mesin mobilnya, tak lama setelah yakin mesinnya cukup panas, dikendarainya mobil itu menuju arah selatan, ke sebuah tempat di kaki gunung Sindoro dan Sumbing. Sambil mengemudi, dia terus membayangkan hal seperti apa yang akan dia temui disana. Baru 3 hari yang lalu dia memainkan Roland AT 900 mengiringi saudara sepupunya yang mengikat janji untuk menempuh hidup baru. Kemarin siang, HPnya berdering mengabarkan bahwa Gedung Gereja St. Petrus & Paulus dirusak, sementara sepupunya masih berada di komplek gedung untuk menyelesaikan administrasi pernikahannya.


Setelah hampir 2 jam dia mengemudi, sampailah dia di depan gedung gereja. Dia melihat beberapa bagian rusak terkena lemparan batu dan di bagian lain, ada abu dan jelaga, sisa ledakan molotov. Semalam, dia mencoba browsing di google untuk mendapatkan gambar terbaru gereja itu, hanya sekedar menentramkan hati yang gundah saja. Bagaimanapun juga siapa yang tidak miris dan bergetar hatinya, ketika saudara saudarinya hidup dalam teror dan ketakutan. Tapi tak ada secuil gambarpun dia dapat. Di televisi yang biasa dia tonton, hanya sepotong2 video saja, tanpa memperlihatkan bangunan itu utuh. Mungkin mereka takut ditegur KPI, dan dituduh menyebar ketakutan.


Ini potret kelabu negara yang dia cintai. Tanpa bermaksud mempersalahkan, tapi negara gagal melindungi satu bagian warganya yang berkepercayaan bukan mayoritas. Masih terngiang di telinganya bagaimana beberapa hari yang lalu, jauh di Cikeusik sana, orang dibantai hanya karena mereka berbeda dalam meyakini Tuhan mereka.


Hari ini dia menjadi saksi kebiadaban sebuah ekstrimisme. Ketika seseorang mengajaknya ke sebuah sekolah yang rusak. Ketika dia membayangkan menjadi siswa di sekolah itu, kemana mereka musti belajar. Kemerdekaan hakiki yang malah mencambuk dan mendera mereka yang tidak berdaya, dan keadaan yang seolah-olah membuatnya berjalan tanpa perlindungan, membuat dia ingin pergi saja dari negeri ini. Mencari suaka di negara yang lebih mampu melindungi haknya yang paling asasi. Tak sulit baginya untuk memohon sebuah visa dan green card di Negeri Paman Sam, karena dulu dia terlahir disana. Tapi bukankah itu hanya akan mencoreng para pemimpin negeri ini? Mengusap wajah mereka dengan tai karena dianggap tidak becus melindungi warganya.


Tidak, dia mengubur dalam-dalam pemikiran itu. Bagaimanapun juga, negeri ini yang telah membentuknya menjadi seorang pribadi. Kehidupan serba tanggung dan tidak menyenangkan di negeri ini bagaimanapun juga telah menempanya menjadi sosok kuat yang begitu mencintai negaranya.


Apalah arti sebuah gedung gereja? bahkan Piramid besar dan megah pun harus terkubur di padang Mesir untuk beribu tahun lamanya. Tuhanku tidak ada disitu, Tuhanku yang tidak butuh aku bela ada di hatiku. Apalah arti sebuah gedung sekolah? bahkan perpustakaan buatan raja Ptolemeus II pun akhirnya lenyap. Aku tidak butuh gedung sekolah untuk menajamkan mata hati dan kebijaksanaanku. Aku hanya butuh hidup dan mengasihi teman peziarah hidupku.





Senin, 07 Februari 2011

Press Release

Kali ini nDaru pengin ngocol soal 8 things about nDaru. Ehehehe..sebenernya sebage seorang blogger, nDaru ini endak ada apa2nya lah dibanding blogger laen yang blognya keren abis bin wuapik banget. Karena, disamping bahasa nDaru yang njlepret ngalor ngidul endak karuan, kadang isinya juga endak penting2 amat. Etapi ternyata ada juga pengagum nDaru yang ngasih award ke nDaru, yaitu nyimas ayu Chocovanilla dan yang telah sudi dengan suka rela tanpa nDaru paksa untuk menempatken nDaru di posisi nomer #1 untuk menerima award yang di idekan oleh sodara Yustha Titik Sutanti. Lalu ada pemilik blog harikuhariini *maap ya mbakyu nDaru bener2 clueless tentang nama sampeyan yg nDaru dapet cuman MerNdute Sidragone* yang katanya penasaran bener ma nDaru. Makasih udah ngasih kehormatan nDarunya buat nulis tentang nDaru. Na udah ya...itu poin 1. Dan poin yang ke2....Here we go :p


8 Facts about a weirdo named Franscisca Andanti Prasetyandaru Budiningtyas
(Actually I'm not a weirdo, I just wanna do everythin' with my own way)

#1. Pecinta anjing,
Di rumah saya punyak 3 anjing yang yaaa...endak lucu2 amat sih, cenderung nakal dan sukak saling brantem. Masing2 bernama Tuzien Kurtzweill Van Bronkoost, Moellers Nedhalm Geffenberg, dan Jaque Leon Reveillere, jangan kuwatir kesulitan mengeja nama mereka, karena mereka cukup dipanggil dengan Tukul, Molen, dan Oon saja. Dulu waktu masih ngelmu di kotanya Sri Sultan HB, rumah t4 nDaru tinggal hampir mirip penangkaran anjing. Kalok minggu ato libur gitu, nDaru biasa keliling2 Jogja, nyarik2 kalok ada anjing2 yang keleleran di jalan. nDaru bawa pulang, nDaru rawat, lalu kalok ada yang butuh anjing, bisa mintak ke nDaru. Na, cita2 nDaru suwatu saat nanti adalah mbikin sebuah penangkarang anjing yang agak lumayan gitu, biyar para anjing2 yang keleleran itu ndapet kesempatan yang lebih baek.


#2. Gila film
Ya, nDaru hobi banget sama yang namanya film, terutama yang bau2 action heroes. Beberapa film malah nDaru tonton 2x, sangking senengnya sama itu film. Jadi abis kelar filmnya, keluar terus mbeli tiket lagi n nonton film yang sama. Waktu dulu masih prihatin (sekarang ya tetep sih) bahkan nDaru sempat2in nabung buat nonton spiderman 1, bahkan sangking cepaknya duit nDaru, nDaru sangu tepak buat makan biyar bisa nonton 2x. 


#3. Pakeyan Paporit
Na..sangking gilanya nonton film
action heroes, selera berpakean nDaru endak jauh2 dari anak kelas 6 SD, didukung dengan badan nDaru yang endak gede2 amat, pakeyan buat anak kelas 5 SD bisa pas melekat di badan nDaru. Jadi kalok para cewe' cantik sibuk belanja di Gosh, Pierre Cardin, Guci, atawa merk ladies laennya, kiblat nDaru masih di Kidz Station. Disana nDaru biasa diketawain sama SPG penjuwal kaos Batman dkk itu. Soale pas nDaru nanyak ukuran sebuah kaos, mereka pasti nanyak "Untuk dipakek anak brapa taon mbak?" dan dengan lantang nDaru njawab "SAYAAA" langsung deh si embak pasti senyum2 seperti mengejek selera nDaru.

#4. Angkring mania
Untuk mensuplay kebutuhan
cocot kencono nDaru, nDaru paling hobi nongkrong, kalok kata orang, di kafenya orang sekeng ini. Bukannya mau sok proletaris ya..tapi nDaru menemukan sebuah kemerdekaan tanpa batas disini. Disini nDaru bisa nyruput kopi tanpa gula sukaan nDaru dengan posisi jegang sambil ngemplok pisang goreng tanpa harus menahan glege'en (=sendawa) lico linggo (abv:lali konco lali tonggo=lupa teman lupa tetangga) Coba kalok di starbuck, bisa2 nDaru diusir satkam. Pokoknya kalok ngangkring itu jiyaaan..feels like home banget lah. Jadi setiap nDaru keluar kota, kegiatan malam pertama di kota itu pasti berburu angkring sego kucing.


#5. Kranjingan kereta api
nDaru hobi banget
nyepur, dan mengkoleksi tiket nyepur itu. Sering kalok liburan gitu, nDaru sukak naek sepur ke sebuah tempat, lalu nunggu sepur yang membawa balik lagi. Kayak waktu dulu pas nDaru masih kerja di pabrik pengecer minyak tanah, dari Cepu nDaru naek kereta ke Bandung, trus sampek di Bandung cuman njajan, motret2 bentar, balik lagi ke Cepu. Edan to? Endak juga, buat saya itu asik kok.

#6. (sok) Sporty
Terutama sepak bola, kalok yang ini saya cuman mengambil bagian menjadi suporter sih. Dari liga2 utama duniya,sampek turnamen tarkam, nDaru tonton deh. Soalnya dulu waktu kecil nDaru ikutan babe dines ke Rio Galegos, sebuah kota kecil di Argentina, tau sendiri kan kalok Argentina itu Olympusnya sepak bola. Naaaa, waktu itu nDaru diajak keliling2 sama babe mau nyarik les apa yang kira2 cocok buat nDaru, eeee..malah terdampar di sebuah sekolah sepakbola untuk anak cewe'. Tapi nDaru waktu itu endak pernah sempat ikut turnamen. Badan nDaru terlalu kecil untuk jadi center back, sementara nDaru endak punya tipikal maen seorang striker. Olahraga laen yang nDaru gemarin itu Tennis sama badminton, naaa kalok 2 olah raga ini nDaru 2x seminggu latiyan. Dan 1 lagi, sebuah olahraga yang irit dan bersahaja, lari kliling komplek.

#7. nDaru endak suka sama:
a. Orang yang sukak duduk di
ondak2an (tangga)
b. Orang yang sukak nyalip antrian
c. Cowok yang harumnya macem peri
d. Delman( kesian kudanya disuruh narik2 delman segitu gede, sementara pemiliknya cuman ongkang2 sambil
nglempus)


#8. nDaru suka :
a. Vespa (masih belon kebeli)
b. Miniatur mobil jadul (baru punyak 17 biji)
c. HP Nokia 3310 (rusak)
d.
Pit Onthel (masih nego dengan kantor leasing)
e. Cello (namanya mbembi)
f. Musik klasik & Etnis (ngaruh banget kalok pas mbikin c
orat coret n ngak ngek ngok aransemen)


Itulah tentang nDaru, sebenernya mingsih banyak hal2 tentang nDaru yang mungkin nganyelke ato malah ngangeni :p, tapi soalnya disuruhnya cuman mbikin 8 hal ya wes..kumplit dah 8nya..Semoga cukup jadi obat penasaran. Silakan dihapal siyapa tau nantik keluar di ujian CPNS, jangan khawatir, nDaru berencana mbikin buku juga kok, tapi endak bakal keselip di buku pengayaan anak SD. 


Lalu perintah terakhir dari award ini yaitu ngasih ke orang laen. Saya bingung mau milih siapa aja je.. Tapi coba saya lempar ke 8 blogger yang laen, dan mereka yang siyal menerima lemparan saya yaitu :

1.
Mastein, soale sampek saat ini, walopun sudah dapet 2 undangan masih juga belon menurunken tulisan soal dirinya
2.
Mbah Mbelgedez, sang imam bocor alus yang sukak ngebrik2
3.
Bu Edratna, blogger senior ahli memotivasi
4.
Bang Arman, pasti si abang ini banyak banget ceritanya
5.
Ina, si teman dalam kesakitan
6.
Ais, mbakyu ca'em yang lagi kuliyah di Jogja
7.
Mbak tari, penyiar sonoraaaaa
9.
Ibu Devieriana, Bu PNS nyang sukak high heels


Semoga pada endak keberatan n berkenan menerima award unik ini, gak sulit kok, kan cuman ngetik doang