Kamis, 26 Februari 2009

mengeluhkan tivi


Sejak beberapa bulan yang lalu, ndaru langganan sebuah jaringan televisi berlangganan, gara2nya di komplek ndaru klo pake antena PF cman bisa dapet trans tipi, RCTI ma indosiar doang, jadi klo pas PSIS bertanding, ndaru musti ngungsi ke rumah temen. Trus langganan deh tu tipi jaringan. Jadi bisa liat semua tipi nasional plus HBO, setarseport, ma kartun network :p, ma beberapa international broadcast yang laen, ndaru lupa judulnya.

Dari sekian banyak mata acara yang ditawarin tu tipi2..ndaru paling sebel ma yang namanya SINETRON, paling males dah..parahnya..hampir semua tipi nyiarin sinetron. GAK ADA SINETRON DENGAN JALAN CERITA YANG BERBOBOT DAN INSPIRATIP YANG PERNAH NDARU INTIP. cerita sinetron pasti gak jauh2 dari rebutan harta, rebutan cowo'/cewe', rebutan warisan. Trus pemain2nya pasti standard smua, mata melotot kek mo copot, dandanan gaul dan setting mewah ala kehidupan glamor. Dan klo di liat lebih detil, hampir semua tokoh di sinetron itu dandanan dan tata rambutnya sama. Dialog yang lebai dan akting yang terlalu over.

Mungkin klo ada pertanyaan kenapa ne negara gak maju2..Bisa jadi sinetron kita masukin di list alesan pertanyaan ini. Nomor 1 klo perlu, bagaimana engga'. Di sinetron, semua kejahatan manusia di eksploitasi. MUNGKIN maunya sutradara sih mau menampilkan peran protagonis yang tabah, pemaaf, dan super rendah hati. Tapi eksploitasi sifat kejahatan yang ditampilkan ma peran2 antagonis lebih nyanthol di benak pemirsanya keknya. Liat aja, masak ada ortu di bentak2, ada pembantu di bentak2, ada temen yang lebih kece dikit di usilin, jadi klo mental bangsa ini jadi kek tempe, ya jangan heran,. orang tontonannya kekgitu. Mana neh fungsi televisi sebagai sarana edukasi masyarakat? Kelihatannya malah sebagai sarana penipu dan pembuai mimpi.

ya, ndaru bilang televisi sebenernya bisa jadi sarana paling mujarab buat mendidik masyarakt, secara, coba aja masuk ke rumah2...di komplek ndaru, mungkin cman rumah ndaru yang tipinya cman 14 inch n ngumpet di ruang makan. Rata2 ruang tamu di rumah2 keluarga indonesia ini pasti ada tipinya gede2. Jarang yang isinya rak buku. Itu makanya sebenernya, tipi menjadi sarana yang efektif buat membuat masyarakat ini bisa lebih baek. Tapi apa yang terjadi? semua tipi sekarang lagi sibuk menayangkan perseteruan dewi persik dan feri farid, ato katrin willsmith ma andi soraya. Cman gara2 masalah sepele.

Menurut penelitian tantenya ndaru,ibu2 yang gak hobi nonton sinetron jauh lebih bijak dalam mengasuh anaknya daripada ibu2 yang gemar nonton sinetron. apalagi ibu2 muda yang nganggur di rumah dan cman jadi ibu rumah tangga. Ndaru gak bermaksud mengecilkan seorang ibu rumah tangga lho ya. Toh jadi ibu rumah tangga itu jg sulit. makanya jangan dipersulit dengan nonton sinetron dan kadang cerita sinetron kebawa di khidupan sehari2..jangan2 laki gw selingkuh kek di sinetron itu, jangan2 anak gw nakal kek di sinetron ini.

Itu soal sinetron, yang ndaru males lagi adalah kontes mencari bakat. Itu lho yang suka seleksi dari daerah2 trus nyanyi di tipi trus jadi bintang deh. Ya sih beberapa orang dan beberapa acara emang bagus dan bener2 kompeten dalam mencari bintang itu. Tapi yang ndaru gak suka, adalah hanya gara2 sms dari pemirsa yang KASIAN karena latar belakan si bintang, meski suara si bintang ini kek knalpot bajaj trus bisa menang, kan kesian yang bener2 berbakat. esensi pencarian bakat jadi ilang. Apalagi yang melibatkan anak kecil. Ya sapa sih yang gak mau masuk tipi? pasti smua orang mau, apalagi anak2, tapi dengan mengorbankan masa kanak2 mereka? Ndaru bukannya gak setuju ma anak2 ikutan kontes pencarian bakat (nyanyi) tapi mbok ya lagunya yang sesuai. Masak anak2 yang usianya gak lebih dari 9 tahun disuruh nyanyi lagu tentang percintaan 2 orang kasmaran. Si anak sunat aja belon udah nyanyi "akuuuuuuuuu ingin engkau slalu, hadir dan temani akuuuuuuuuuuuuu" fyuh!!

So..plis deh, para pembuat sinetron dan pemilik setasiun tipi..pikirkan lagi bagaimana bikin televisi ini bener2 berguna buat masyarakat, gak cman membuai dan menipu masyarakat n ngejar rating.

Tidak ada komentar: