Senin, 31 Agustus 2009

Cinta Produk Dalam Negri (keknya baek buat renungan kemerdekaan)


Akhir-akhir ini pasti kita pada gregetan kalo liat berita di tipi. Isinya cuman nglaporin ulah negara tetangga Malaysia yang seenaknya nyaplok produk dalam negeri Indonesia tercinta. Dari seni reog Ponorogo, batik, tari pendet, sampai lagu Rasa Sayange dengan enteng diakui sebagai bagian dari kesenian asli bangsa seberang. Malah, yang terakhir theme song di website pariwisatanya itu negeri menjiplak lagu buatan dalam negeri, Terang Bulan. Tetangga Ndaru ada yang misuh-misuh kek gini, “Udah kirim F16 aja kesono biar mingkem”. Hihihi, geli juga kalo denger bapak yang itu misuh-misuh. Tapi toh, emang apa yang udah dikerjain negaranya Rasid Shidek itu keterlaluan banget. Ibaratnya orang lupa, ya istilahnya engga lupa ding, dodol yang sedodol-dodolnya. Masak, lagu atau tari buatan negara tetangga yang udah masuk daptar hasil kebudayaan orang laen masih saja diakuin milik sendiri. Ndaru pernah nonjok bapak-bapak orang Malaysia asli pas di Bandara Kuala Lumpur dulu, gara-gara tu bapak maksa Ndaru buat beli topeng Bali. Dan, si bapak dengan ngotot bilang itu asli Malaysia. Pas Ndaru gentian ngotot bilang itu topeng asli dari Bali, dia bilang ga masalah, toh Indonesia ma Malaysia itu serumpun. Langsung dah, si bapak mencium lantai kena tonjok.

Pas itu Ndaru emosi berat dengan tingkah si bapak yang seenaknya asal nyablak. Tapi, sekarang ketika liat ulah-ulah Malaysia, Ndaru berpikir yaaaa emang engga salah Malaysia kek gitu. Kita terlalu lama meninggalkan budaya kita dan malah sibuk dengan budaya orang laen. Sebut saja, kita lebih suka nyanyiin lagu-lagu manca negara daripada lagu tradisional sendiri. Kan jarang noh nemuin band anak muda mainin lagu Gundul-gundul Pacul yang dimodif jadi pop dan rock misal. Banyak kawula muda langsung ribet begitu hari Valentine mau datang, langsung ke mall cari hadiah, dan ngrencanain acara special di hari itu. Tapi begitu tiba hari Kemerdekaan RI, disuruh berdiri 40 menit buat upacara aja susah. Ada yang badannya mlencong ke kanan, ada yang kakinya mlencong ke kiri, ada yang pingsan malah! Bos Ndaru ada yang males pake produk sepatunya Yongki Komaladi. Katanya sih seminggu jebol, pengennya tetep yang merk macam Bucherri. Ndaru sempet mikir, mang itu ibuk ngapain aja ya, kerja juga cuman di depan meja dan komputer, dia juga engga angkat-angkat salon atau manjat tower. Contoh laen lagi, sekarang banyak orang ketika punya anak nyomot nama asing buat nama anaknya. Nama kek Alberta Javevina Isabel gitu dirasa keren ketimbang Hasta Panuwun Rahayu. Itu terjadi ma tetangga Ndaru loh!

Begitulah cara orang Indonesia memperlakukan budayanya sendiri. Jadi, sekarang adalah saatnya kita buat bercermin, buat menyadari bahwa ternyata hasil kebudayaan nenek moyang yang cuman berupa lagu atau tarian itu tetep berharga buat dimiliki. Betapa benda-benda sederhana itu yang membentuk identitas kita sebagai orang Indonesia. Kejadian ini harusnya membuat kita nyadar, memperbaiki diri, dan menentukan komitmen baru buat memperlakukan produk kebudayaan dalam negeri dengan lebih bijak.

Dan, kalau emang bener-bener membela kedaulatan negara ya konsisten dong. Demo boleh, tapi kalo disuruh bayar pajak ya bayar, make fasilitas negara ya yang bener. Hihihi.

Tidak ada komentar: