Senin, 31 Agustus 2009

Tentang Nepotisme dan Niputisme


Eni cerita terbaru dari sepupu Ndaru yang di Surabaya. Setelah (akhirnya) lulus dari kampusnya dan berhasil keluar dari penjara (hihihi..itu istilah yang dy cIptain dulu), dia pindah ke universitas laen dan ngajar. Cuman yah, sekali lagi dia harus ngadepin satu babak baru yang mungkin lebih mengerikan dari proses skripsi yang nyebelin. Kerjaan sih ngajar ya, ya ngurus kegiatan mahasiswa, tapi belon dapet status sebagai dosen. Sistem kepegawaian yang tidak jelas terpaksa membuat dia sedikit terlunta-lunta, dan telat pula menerima gaji.

Sementara itu, temen yang sama-sama bernasib sama mungkin lebih baik karena bapaknya kerja di tempat yang sama. Artinya, kalo ada kerjaan berbau proyek gitu, temen dia pasti dapet porsi nomer satu dibanding dia dan temen-temen yang laen atau kalo ga sepupu Ndaru ini dapet bagian yang bukan termasuk ke keahliannya. Dan, itu tergolong kerjaan babu. Jatah sks dia masih kurang juga tetep dikasih ke anak bapak aja. Hihihi..ngenes juga kalo denger ceritanya. Masak, 3 bulan blon keluar gaji?

Ya, soal nepotisme itu bisa jadi cuman subjektifitas pribadi juga ya. Toh, sepupu Ndaru mengakui kalo mereka orang-orang yang memang pantes buat dapetin tu kerjaan. Selebihnya, kata dia, dia udah mengusahakan yang terbaik buat kerja sungguh-sungguh. Kalo toh itu belon diliat atasan juga masalah waktu saja. Akan ada waktunya semua yang kita usahain terbayar. Nyatanya, sepupu Ndaru itu ga kelaperan karena ada aja yang ngasi dia duit, ya dari proyek suting lah (sepupu ini hampir sama hobinya ma Ndaru kecuali ngupil), terjemahan, bahkan tugas dines yang cuman jadi babu.

Ndaru pernah mengalami kejadian kek gitu, masa ketika kita kerja dipandang bukan karena kemampuan dan apa yang udah kita kerjain, tapi karena kamu lulusan mana atau kamu anaknya siapa. Kalau katanya sepupu Ndaru sih, kita emang harus ngrasain kek gini dulu supaya besok kalo udah sampe tingkat atas ga tengil kek atasan-atasan kita maren, supaya kita menghargai pekerjaan dan orang-orang yang sedang merintis karier dari awal. Tapi toh peristiwa itu membuka mata Ndaru, bahwa beginilah hidup. Hidup bukan masa dimana kita masih kecil dan bisa bertingkah seenaknya, ketawa bareng temen-temen yang hobi maling jagung bareng, dan kemana-mana bareng mereka yang tiap ari kita temuin. Hidup kadang membuat kita untuk membatasi ruang gerak, membuka hati untuk menentukan sikap, dan memutuskan terhadap apa dan siapa yang harus kita datangi.

Tidak ada komentar: