Rabu, 06 Oktober 2010

Inang

nDaru mencintai negara ini dengan sungguh2. Menurut nDaru, negara ini bener2 kaya dalam segala hal, hanya memang mungkin agak salah urus, jadi yaaaaa.....agak sedikit kacau gini deh. Salah satu kekayaan negeri ini adalah kekayaan musik, dari Sabang sampek Merauke punyak ciri khas sendiri2. Ada 1 lagu Tapanuli yang sampek sekarang masih nDaru inget, dulu opung nDaru biasa nyanyi ini kalok lagi nidurin sepupu2 nDaru yang dititipkan bareng nDaru di Sigumpar, Toba Samosir sana. Kampung indah tempat nDaru ngenger, menghabiskan masa kecil nDaru. Mau nyanyi?! ini ada liriknya, kalok pengin nDaru iringin, silakan klik widget sound cloud disamping ituh...Monggo!


I N A N G

Inang...
boasa ma tangissonon mu
sude sitaonokki
...

Inang...
boasa ma sai solsolan mu
sude sidangolokki
sude halungunokki
...

Arian nang bodari
ale Inang...
ilum sai maraburan
...

Sibaran lapa-lapa
ale Inang...
U nang be sai solsoli
...

Inang...
sai tangiakkon au inang da
boru mu na dangolon
...

Inang...
apusi ma ilum inang da
sude hutaon do i
pasonang ma roham


Biar nyanyinya bisa pakek penghayatan, silakan baca terjemahan Bahasa Indonesiyanya:


Bunda...
mengapa ditangisi
semua perjalanan hidupku
...

Bunda...
mengapa disesali
semua kepedihanku
semua kesedihanku
...

Siang dan malam
duhai Bunda...
air matamu bercucuran
...

Takdir kehidupanku yang tiada taranya
duhai Bunda...
jangan lagi disesali
...

Bunda...
do'a kan aku selalu, Bunda
putrimu yang merana ini
...

Bunda...
hapuslah air matamu, Bunda...
Semua itu aku terima

object height="81" width="100%">


15 komentar:

dewo mengatakan...

Hiks... kok jadi terharu ya?
Rekamannya bagus loh!
Good job

*keplok2*

orange float mengatakan...

saya lagi kangen sekali sama ibu

chocoVanilla mengatakan...

Lagu-lagu Tapanuli ini memang paling bisa membuat mata berkeringat ya? Entah syairnya maupun lagunya...

(halah, padahal kalok gak baca terjemahannya yo ra mudeng :mrgreen: )

Ina mengatakan...

lagu Tapanuli yang bikin mataku berkaca-kaca selain butet. Apalagi dinyanyikannya dengan sepenuh hati.

Dulu waktu jadi anggota vocal; group kami pernah nyanyiin medley lagu Tapanuli aku paling suka yang pas sik-sik sipatumanikam diparjoget...yang kayak ngerap itu...dulu aku hafal banget dan kompak banget nyanyiinnya. Selain ada sedihnya lagu Tapanuli itu banyak juga yang riang gembira.Kekayaan negeri yang harus dilestarikan.

Arman mengatakan...

nice.. tapi sedih ya lagunya..

btw boleh bagi info gak, ngerekamnya pake apa ya? thanks.

nDaru mengatakan...

@ Bang Dewo,
Ehehehehe...jadi inget ibu kah?
Makasih2

@ Orange Float,
Lagi jauh to mbak? ditelpon aja dulu barang sebentar

@ Cho2-V,
wkwkwkwkw...apa saya yang salah milih lagu ya? sebenernya yang endak sedih ya banyak

@Ina,
oo itu judulnya Rambadia, kapan2 nyanyi bareng yuk

@Bang Arman,
Saya pakek Roland PCR-m80, masuk ke PC lewat soundcard Behringer UCA222, bonusan mixer, lalu di record pakek Nuendo 5.0.1. hasil nge-crack(bisik2):P

Fir'aun NgebLoG mengatakan...

baru tau deh artinya lagu tersebut... padahal sejak kecil dulu lagu itu aku dengar :p hehehe

nh18 mengatakan...

Ini lagu Sio Mama ..
versi Sumatera Utara ...

Thema Ibu akan selalu membuat terharu ...
apapun bahasanya
dari manapun asalnya

salam saya ndaru

nh18 mengatakan...

Setelah mendengarkan lagunya ...

KEREN !
Nuansanya dapet
Ornamen etnisnya dapet

Salam saya nDaru

kelly amareta mengatakan...

syairnya ko bikin inget kuwalat :(

nDaru mengatakan...

@Fir'aun,
hahaha, ndak pa2..yang penting ngerti dulu lagunya

@Pak Trainer,
Betul sekali pak, hampir di setiap suku ada lagu tentang ibu memang

makasih2, saya sebenernya sedikit keinspirasi sama postingan pak trainer yang lagu sio mama itu kok ehehehe

@Kelly
jiyaaah,....kuwalat..mang abis ngapain?hayooo????!!!

Debby mengatakan...

Batak toh...HORAS!!!
boru apa neh sis? saya Silaban ^^
Lagu ini pernah dinyanyikan sama temen saya waktu drama Natal SMP kelas 3
sudah 8 thn lalu tapi tetep buat air mata menetes bacanya berulang-ulang

nDaru mengatakan...

@Debbie,
Saya Si Jawa Eda, bapak saya dulu endak beli marga :D

Ya begitulah, meski lagu senengpun keknya kalok ada kenangan mengharukan tetp aja jadinya mata kringetan

Indahjuli mengatakan...

Salam kenal, mampir ke sini diberitahu blognya om NH.
Lagu Inangnya keren, jadi kangen sama mamah.
Saya juga sering nyanyiin pas ninabobokan anak bungsu.
Sebagai orang batak juga, saya coba nyanyiin meski kadang suka lupa syairnya :D

nDaru mengatakan...

@ Indah Juli,
salam kenal balik mbak, terimakasih2...na itu ada contekan syairnya, bisa buat rengeng2 mbak ehehehe