Senin, 14 Februari 2011

Derby dan Valentine Day

Sebuah kesibukan rutin nDaru di akhir pekan adalah nonton bola, begitu juga semalem. Dari jam 1 siang sampek larut malem, adaaaa aja sepak bola yang disiarin di tipi. Mulai dari pertandingan LPI yang menyajikan Semarang United kontra Bali Devata, lalu LPI lagi antara Jakarta 1928 vs Cendrawasih Papua, dan yang paling nDaru tunggu yaitu derby mahal antara Manchester City lawan MU, trus trakir yang gak kalah gayeng, Arsenal ketemu Wolverhampton.


Na, kalok yang partai-nya LPI ini karena nDaru penasaran aja sama liganya yang katanya lebih baek itu. Dan sejauh yang nDaru tonton emang agak beda ya dari LSI. Kalok taktik dan permainan sih emang gak jauh beda dari LSI, taktik2 yang Indonesia banget lah. Yang asik adalah pas nonton Tevez dkk yang nyeraang terus ke gawang MU, tapi cuman 1 yang akhirnya luput dari tangan midas Van der Sar. Tapi mereka punya taktik yang OK punya kok. Mancini sukses meracik bintang2 yang dibeli sama seh mansur menjadi tim yang punya determinasi kuat, cuman keknya emang bad luck aja, ato jiper sama dominasi MU.

Di laen sisi, untuk tim matang sekelas MU, gol David Silva gak perlu terjadi. Seharusnya mereka bisa kok meraup kemenangan penuh. Na, dari situ sebenernya ketahuan kalok MU butuh berevolusi. Tanpa meremehkan kebesaran nama Sir Alex Ferguson, kalok gak pengin mengalami musim paceklik kek AC Milan kemaren, MU mau endak mau musti segera berbenah, gak bisa dong mengandalkan Wayne Rooney doang. Emang sih dia jenius mengocek bola dan bikin gol, tapi kan tetep aja masih kalah sama Tevez yang udah membuat 20 goal selama musim ini. Tim2 di liga eropa sudah mulai berevolusi dengan menjadikan tim sepakbola mirip2 pabrik tahu yang di target hasil berapa kalah dan berapa menang, kalok ngaco yaaa...pecat.


kecuali Timnas, AC Milan dan Barcelona, nDaru endak gitu fanatik abis sama sebuah tim. Tapi sepanjang pengamatan nDaru menjadi suporter senior (nDaru udah nonton bola sejak AC Milan bersponsor Motta, musim 1992/1993) Banyak tim2 besar yang sudah harus mengikuti sistem yang sekarang diadaptasi sama kebanyakan tim2 di dunia, sekarang sebuah tim tidak bisa hanya bersandar pada tradisi lawas dan fanatisme para pendukungnya. Lihat saja Chelsea dan Manchester City. Di awal 2000an, di Indonesia, siapa yang ngerti tim berjuluk the citizen ini? Ketika menyebut Manchester, pasti jidatnya langsung dibawa ke MU, padahal Manchester City ini dulu pernah menjadi juara Liga Premiere tahun 1937 dan 1976. Sekarang, Manchester City menjelma menjadi sebuah tim yang dihuni oleh bintang2 dunia macam David Silva ato Nigel de Jong, dan permainan mereka juga gak jelek2 amat.


Memang kalok ngomongin nostalgia, pemain loyal macam Paolo Maldini, Alessandro Del Piero, Ryan Gigs ato legenda hidup laennya, susah dicari. Tapi kalok trus berhenti di permainan mereka ya keknya gak bakal bisa menjawab tantangan industri sepakbola modern yang sekarang sudah menjangkiti ranah sepakbola di seluruh dunia.

Pertandingan berikutnya yang nDaru tonton adalah Arsenal lawan Wolverhampton, sebenernya sih nDaru agak2 pengin Woflerhampton yang menang, biar julukan pembunuh raksasa di kandang mereka sendiri bisa sempurna setelah sukses menghempaskan Chelsea dan MU. Na, pas ketemu Arsenal semalem, Van Persie dkk berhasil meredam permainan ngotot yang diperagakan anak2 srigala itu. Dan, pertandingan terakhir yang nDaru tonton adalah tak lain tak bukan AC Milan vs Parma. Kalok musim kemarin mules2 n males kerja nDaru karena sindrom AC Milan kalah mulu, sekarang gejala itu udah gak sering muncul, apalagi semalem Milan menang banyak lawan Parma.


Lha, terus apa hubungannya dengan Valentine Day? ehehehe...karena sibuk nonton bola, nDaru lupa mbalesin SMS selamat hari kasih sayang. Soale yaaaa..maaf ya, buat nDaru, semua hari adalah hari kasih sayang kok. Buat apa nunggu 14 Februari kalok cuman mau bilang sayang? Valentine Day buat nDaru gak lebih dari sebuah komersialisasi budaya saja yang gak asik kalok diikutin. Cinta itu masalah perbuatan mas/mbak, dan antri mbeli coklat di mall keknya bukan salahsatunya



5 komentar:

Ina mengatakan...

Ndaru aku lagi enek banget ama MU, aku berpindah ketetangganya Manchester City...Tevez itu suka banget ngeborong gol malah kadang bisa tiga segala! Emang dalam tim harus aada pemain nafas kuda dan pekerja keras macam Tevez ini. Biasanya aku ngga pernah absen kalo arsenal main kemarin ketiduran belum ada gol apa-apa! Liverpool kayaknya mulai makeover banget nih, jadi suka mantengin si merah ini. Pengennya salah satu dari tiga ini juara...liverpool kayaknya belum bisa, Arsenal atau city...kayaknya bisa! Tunggu aja..

nDaru mengatakan...

@ Ina,
mereka butuh berubah In, dan Fergie harus berhenti meng-anakemas-kan Rooney, emang sih dia bagus maennya, tapi dulu sheringham jg bagus gak jadi anak emas tuh

Arman mengatakan...

gua gak ngerti bola.. jadi gua ngucapin happy valentine aja dah! :D

nDaru mengatakan...

@ Bang Arman,
wekekekeke..biasa sih kalok di amrik, kalok kita suka bola kita dibilang aneh..hepi valentine juga bang

ais ariani mengatakan...

ndar... kok gak nulis ulasan semalem?
liverpool ngalahin MU ndar,

*sok ngerti bola*