Rabu, 20 Mei 2009

Belajar Bijak di Jalan Raya



Mau gak mau, nDaru musti ngaku klo di jalanan, nDaru bukanlah pengendara yang baek. Baek pas naek motor maupun nyetir mobil. nDaru sama aja kek pengendara2 laen yang kadang suka ngiris tempe, nylonong kanan nylonong kiri, nyrobot lampu merah (sepukul dua pukul doang kok :p), klo pas naek motor suka zig-zag diantara mobil2 yang berbaris rapi ngantri lampu merah. Prestasi termutakhir nDaru adalah menghantam spion Innova karena ternyata baru tahu klo setang supra itu 2 Cm lebih panjang daripada setang F1ZR dan celah antara 2 mobil yang ngantri gak cukup lebar untuk selisih 2 cm itu. Dengan mobil, nDaru pernah menghantam pantat Angkudes mo masuk ke jalan abis naekin penumpang dari tepi jalan.

Dulu, nDaru adalah pengendara motor yang tertib. Tapi toh ternyata, jalanan yang kejam dan semrawut tanpa sadar membuat nDaru terseret arus ikut2an sistem yang ngaco. sistem ngaco yang kemudian menjadi 'wajar'. Adalah aneh kalo biker gak berjalan zig-zag di lampu merah, kita bakalan di klakson dari blakang klo pas lampu kuning kita brenti. Ini memberikan pelajaran penting buat nDaru, untuk gak menganggap remeh sistem yang kacau dan berharap kita bisa memperbaiki tu sistem, salah2 kita yang keseret dalam sistem kacau itu.

Semua itu membuat nDaru semakin sabar dalam menghadapi kesemrawutan lalu lintas di jalanan. Klo ada orang yang nyonong seenak jidat, nDaru gak langsung mencet klakson secara sporadis, paling cman senyum sambil mbatin 'sareh..sareh..sareh!!' nDaru gak berusaha mengumpat ato meludahi pengendara yang ngawur itu, karena bisa aja besok2 nDaru jg kek dia.

Senin kmaren, nDaru balik kerja naek mobil, di sebuah perempatan, di lampu merah ada tanda, belok kiri jalan terus, klo nDaru mau jalan lurus, sebenernya nDaru musti ambil jalur tengah. Pas nunggu lampu merah, nDaru ambil jalur kiri sambil jalan pelan2 n nungguin lampu hijau karena biasanya tu lampu gak lama, dibelakang mobil nDaru, ada mobil Avanza silver menyalakan riting kirinya, meraung2kan mesin sambil menyalakkan klaksonnya, karena kebiasa naek motor, kuping nDaru udah kebal denger suara klakson. Mo ganti klakson paling kenceng se-planet bumi jg nDaru gak bakal dengerin :p

Sialnya, udah nyampe baris paling depan lampu merah gak kunjung hijau juga, nDaru musti brenti, di blakang mobil Avanza silver masih membunyikan klaksonnya ditambah meraung-raungkan mesinnya tambah kenceng, jalannya kehalang mobil nDaru hibah dari babe yang body-nya emang lumayan gede.

Gak lama kemudian, menyala lah lampu hijau nan ditunggu2. nDaru denger orang treak " woooi...Loe punya otak gak sih?"......ternyata pengemudi avanza di belakang udah menurunkan kacanya. Bapak2 sekitar umur 40 tahunan. nDaru buka kaca mobil sambil melambaikan tangan, minta maap maksudnya, tapi nDaru tau, lambaian tangan nDaru pasti dianggep lambaian paling menyebalkan buat tu bapak.

Wah, Ndaru jadi heran. Apa yang menyebabkan kita begitu mudah naik darah di jalan? Kesalahan pengendara lain seakan sangat merugikan kita sehingga kalau perlu ia dicegat, di tempeleng, dimaki mpe puas, dan ditonjok kalau perlu. Di jalanan, berbagai orang dengan bermacam ragam latar belakang, temperamen, pendidikan, dan tingkat ketololan, bercampur menggunakan jalan yang sama. nDaru bilang tingkat ketololan karena, orang sebijak wakil rakyat pun bisa jadi orang tolol ketika pegang stir mobil. Sebagian besar pengguna jalan adalah orang-orang pemarah. Makanya kek yang nDaru bilang tadi, sebaiknya kita belajar dan tetap berusaha untuk tidak terseret arus. Tetap berusaha menjadi pengendara yang baik dan santun.

Tidak ada komentar: