Kamis, 18 Juni 2009

PSP (bukan) Pancaran Sinar Petromax


Walo belon bisa dipredikatkan sebagai kutu buku, tapi pada dasarnya nDaru suka membaca. 2 rak buku hasil bikinan tangan tetangga ndaru udah mulai penuh. Mayoritas sih cman novel fiksi detektip dan beberapa buku ilmiah, 1 rak emang khusus buat buku bergambar alias komik. Di teras belakang masih ada 1 meja yang bawahnya penuh komik dan tumpukan majalah. Klo diliat isi bukunya, ketahuan klo nDaru udah mulai males meng-update otak nDaru dengan ilmu2 baru. Dulu pas kuliah yaaaaaaaaa, masih 60% buku ilmiah 40% komik.

Sekarang, mayoritas bacaan nDaru tersimpan di Harddisk berupa e-jurnal berformat PDF ato CHM, rata2 nDaru download dari flazx dan beberapa source laen. Beberapa mungkin gak legal kali yak :p, abis mo kekmana lagi, beli buku di Amazon pasti harganya gak kurang dari 500.000, belon ongkos kirimnya, sedangkan klo baca buku domestik alias hasil karya bukan bule, a.k.a. bikinan dalem negri, rata2 malah gak tambah pinter malah jadi ter-indoktrinasi, banyak substansi2 gak ilmiah yang kadang ke-cited dibuku.

Masalahnya adalah, nDaru kadang suka males baca di monitor klo dirumah, seharian nDaru di kantor udah mantengin monitor komputer dan ngulik PC dari server mpe note book, jadi klo nyampe rumah, bawaannya mo molor n males2an aja, ada sih niatan mo baca2, tapi klo bisa sambil tengkurep di atas kasur ato ngglosor di kursi males di teras blakang sambil liat sawah, apan gak mungkin bawa2 monitor ke teras, apalagi monitor rumah masih mengandalkan teknologi CRT (tabung). Kadang masih bisa tertolong dengan membaca di laptop, tapi lama2 capek juga :p, lagian laptop gak memungkinkan buat posisi terlentang.<----mohon gaya baca ini untuk gak ditiru, bisa merusak mata dan kelainan sarap. Beberapa waktu yang lalu, nDaru kranjingan PSP, sekedar untuk memenuhi hasrat masa kecil yang tak tersalurkan. Flashback ke masa kanak2 nDaru, maenan interaktif trakir yang babe beliin buat nDaru adalah sebuah mesin Game alias console game keluaran Spica, waktu itu game-nya pacman ma mario bros dkk, nDaru hanya bertahan seminggu dengan mesin game itu, setelah itu, ngelayap lagi di situ blakang rumah maenan aer. Setelah mesin game itu terlantar, babe gak mau lagi beliin maenan buat nDaru, " KAGAK PAKE!!! kamu pasti cepet bosen" begono si babe menolak dengan keras ketika nDaru minta dibeliin PS episode 1 dulu. Alhasil, ketika anak laen bersuka cita maen PS dan maenan asik laen, nDaru musti puas maenan potongan ring fiber-optic babe, agak menyalahi kodrat mungkin yak, entah sapa yang musti disalahkan, yang jelas nDaru paling males maen barbie ato boneka2an. Dan ternyata babe bener, setelah maen Need For Speed brapa seri, tu PSP sudah terkapar berdebu di sudut meja. Hihi, bener juga si babe, nDaru dulu ngiranya beliau pelit, tapi yaaaaa..dari pengalaman maen spica tyata bener jg, maen game itu cepat bosan. Akhirnya, setelah ber-chatting ria dengan para gadgeters sedunia, ndaru mendapatkan sebuah program, semacam Operating System gitu, yang bisa berjalan di atas mesin PSP untuk kemudian mengakomodasi aplikasi laen kek windows mobile, linux ato mac dkk. Namanya IR Shell. Mendukung fitur multitasking, IR Shell mengubah PSP menjadi sebuah komputer mini di genggaman kita. Lebih praktis dari laptop mini berlayar 7 inchi lho, karena PSP jg udah ada fitur wireless networknya, jadi bisa berburu hotspot gratis di kafe2. Fitur favorit nDaru adalah, ne alat bisa dimasukin file PDF ma CHM, jadi buku elektronik nDaru bisa dibaca lewat ne PSP, jadi bisa baca dimana aja, sambil nangkring di pu'un jambu, angon kambing dll. Lha klo bosen baca sambil nyepi, bisa juga muter file mp3 pake ne PSP..Thx iR SHELL

Tidak ada komentar: