Jumat, 16 Januari 2009

Relasi


Selama seperempat abad ndaru berziarah di dunia ini, banyak sekali orang yang ndaru temuin. bejibun dah, ada yang cman numpang lewat, ada yang cman numpang kenalan di bus, ada juga yang emang bener2 mampir di kehidupan ndaru dan menjadi kenangan di hidup ndaru, begitu banyak relasi yang ndaru jalani. Namanya juga makhluk sosial, dimana2 selalu bersosialisasi hehe. Ibarat koneksi jaringan, relasi manusia juga membutuhkan konektor, dan alat2 yang bisa mempererat hubungan mereka. Media untuk ber-relasi ini juga tentunya bermacam2. Klo di jaringan internet kita mengenal yang namanya wireless, LAN, broadband dkk. Relasi manusia juga medianya macem2. Ada yang berinteraksi secara langsung, face to face, ada yang lewat telephone ato komunitas2 tertentu, dan yang paling mutakhir adalah relasi lewat internet a.k.a. cyber.

Pada awalnya, manusia cman berinteraksi secara langsung, jaman Majapahit dulu mana ada orang chatting. Coba Gajah Mada itu bisa chatting, pasti dia bisa invasi sampai ke Timur tengah, ato P. Diponegoro pasti bisa menang lawan Belanda klo bisa beli infra-red google di e-bay. Pak Dirman dulu pasti gak usah susah2 gerilya klo pasukannya disuruh latian conter strike dulu. Cyber world adalah wahana untuk mengekpresikan diri, seperti halnya menulis ato nyanyi.
Situs2 interaktif seperti Friendster, Facebook, KapanLagi, Myspace, Meebo sudah menjadi trend dan gaya hidup untuk bersosialisasi di "dunia lain."Curhat2 dan kenalan2 yang dulu cman bisa dilakukan secara langsung, sekarang bisa di per-simpel lewat cyber. Bahkan cari jodohpun bisa lewat cyber.

Bukannya mau sinis, toh ndaru kadang juga menerima curhat2 lewat PM dan kiriman email. Banyak juga yang curhatan ini dateng dari orang yang cman ndaru kenal lewat cyber dan blon pernah ketemuan. Dan dari curhat2an versi cyber ini ndaru banyak mendapat "sesuatu" yang kepake buat ndaru sendiri. Mulai soal cinta, sampai pada masalah kehidupan sehari2. Semua toh bisa menjadi pelajaran yang berharga buat ndaru. Ya emang sih kadang kita ketemu orang yang menyebalkan dan cman mo mojokin ndaru dengan petuah2 mereka. Tapi toh kata orang china yang ndaru lupa namanya --ne ndaru dapet dari temen cyber ndaru yang asli malang--"bahkan kadang kita belajar sesuatu yang penting dari musuh kita" :p

Tidak ada komentar: