Rabu, 14 Januari 2009

Tirakat


Orang jawa punya banyak sekali kebiasaan unik, salah satunya adalah kebiasaan tirakat, ato melek di malem hari. Biasanya orang yang lagi punya kepenginan ato lagi terlibat masalah yang pelik, mereka bangun di malam hari trus berdoa. Banyak kesaksian yang kemudian menyebutkan bahwa ketika berdoa di malam hari --apalagi klo mau keluar rumah, di teras misalnya n memandang ke langit--terkabul keinginannya. Di agama ndaru, ada sebuah kebiasaan juga, untuk berdoa di malam hari, sekitar pukul 1.00 s/d 4.00 dini hari. Hampir sama kek apa yang ada di kebiasaan orang jawa.

Entah ini hanya mitos ato memang benar adanya, *ya secara, berdoa pan bisa dimana aja kapan aja, toh Tuhan gak tidur jadi masih bisa denger doa kita kapan aja* tapi, berdoa di malam hari itu biasanya lebih khusyuk, suasana yang sepi dan khidmat, dan klo beruntung kita bisa melihat langit cerah penuh bintang --klo pas musim ujan susah--membuat kita lebih deket ma yang diatas. Jauh dari hiruk pikuk dan ramai duniawi. Kita dibawa pada suasana tenang dan ayem.

Manusia hidup toh pasti gak lepas dari apa yang namanya masalah dan situasi gak menyenangkan, suasana yang bikin kita BT n males ngapa2in. Na, mungkin pas malem gini jg kita bisa sejenak rekreasi dan menata pikiran kita. Pas banget buat minum teh sambil menata jidat. Diem sejenak dan menyerahkan semua kepada penyelenggaraan-Nya. Setelah selama sehari kita mikir kerjaan dan hal2 yang mungkin gak asik buat dikerjain. Malem kekgini bisa buat menyendiri, waktu yang bener2 buat kita sendiri. Mungkin tadi siang kita dihakimi karena tonggosnya gigi kita, karena poto kita jelek, ato karena tatanan rambut kita gak match ma sepatu kita. Na, keknya bagus neh klo malem2 gini, kita nyepi sejenak dan mensyukuri apa yang udah kita dapet, dan gak ngedengerin opini orang soal penampilan fisik kita.

Tidak ada komentar: