Sabtu, 24 Juli 2010

Ketilang bukan Kutilang


Minggu maren, nDaru mbesuk kadang cerak di sebuah rumah sakit di Semarang. Karena tempatnya rada jawuh, nDaru memutuskan buwat naek motor butut nDaru sajah, supaya irit dan enak muter2nya. Maklum, nDaru endak apal jalanan di Semarang, juga nDaru pergi sendiriyan, kalok nyetir mobil warisan babe, jelas amat sangat endak epektip, mengingat selang bensin mobil nDaru yang hampir mirip keran blangwir. nDaru males ngapalin Semarang, karena muter2 Semarang sama sajah dengan mengurangi umur nDaru. Pertama, karena jalannya banyak yang rusak, kalok nDaru nyungsep jugak taruhannya nyawa. Kedua, polusi udaranya ditambah hawa super panas yang menyiksa. Dan, terakhir, dua kondisi di atas ituh sudah pasti mbikin tensi nDaru naek.


Sebenernya nDaru sudah pengin naek angkutan umum, tapi malah malem2 sebelon nDaru brangkat, tetangga nDaru kecopetan di daerah Ungaran, ha daripada nyumbang dompet jadi sasaran empuk copet, maka nDaru memutusken buwat jadi biker saja sekalian nyobain shockbreaker baru. Tapi ternyata perjalanan kemarin menyisakan kejengkelan dan kemangkelan nDaru sebage warga negara ini.


Perjalanan dari rumah nDaru di pinggir sawah sampek Semarang, 86, lancar jaya tralala, ya memang sih masalah klasik di jalanan, mobil nylonong, knalpot bau bangke, nDaru anggep masih wajar lah. Sampek Semarang kota, nDaru mulai bingung nyarik2 Alamat Rumah Sakit tempat kadang nDaru itu opnam, tanyak kiri tanyak kanan, membawa nDaru disebuah jalan bernama Jalan P. Naaa di ujung jalan P ini, nDaru ketemu sebuah perempatan jalan, naaaaa (lagi) nDaru seharusnya belok ke kanan, karena yang dari arah depan nDaru itu ternyata jalan satu arah menuju perempatan ini. nDaru betul2 ndak liyat ada tanda bahwa tu jalan di depan nDaru itu ndak boleh diliwatin dari arah nDaru. Maka dengan semangat 45, ketika Lampu hijau menyala, nDaru langsung memutar gas dan melepas kopling motor, melesat memasuki jalan satu arah tersebut. Lha kok bakekok, begituh maju, nDaru liyat ada mobil2 yang lagih jalan berhadapan sama nDaru, spontan nDaru nyadar inih jalan satuh arah. nDaru langsung minggir dan nengok ke belakang, bener jugak bapak polisi sudah melesat dengan motornya. Kirain bapaknya mau ngajak kenalan, tapih langsung mintak stnk dan sim nDaru. Ya sudah, ceritanya nDaru ditilang.


Seperti orang ketilang, nDaru melesat ke pos polisi di pojok kiri perempatan tadi. Tiga polisi sudah ada disana dan nDaru mulai diceramahi, dari yang jalan inih cuman satuh arah, stnk ndak boleh ilang, dsb. Si bapak sudah menawarkan tiga opsi, saking ndak mau denger kalok nDaru bener2 ndak tau. Pertama, sidang! Duwa, transper duwit ke bank terdekat. Ketiga, nDaru ndak usah sebutkan, situh pasti tawu apa maksud nDaru. Karena gerah, nDaru mbukak jaket yang selama inih membungkus tubuh cungkring nDaru. Tanpa nDaru sadar bahwa nDaru sedang memakai kaus yang ada emblem sebuah setasiun tipi terkenal. Lhaaaa kok bapaknya tiba2 bilang nDaru musti sidang sajah. Laluh, bapaknya tanyak mau liputan apah. Ahahahaha spontan nDaru sadar bapaknya takut sama kaus nDaru, jadih nDaru terusin sajah nggambleh kerja di tipi. Hihihihi. Lha, salah sendiri. Wong nDaru sudah cerita yang sebenernya ndak ditanggepin, tak gamblehi malah dipercaya, ya sana makan boongan nDaru.


Yang mbikin nDaru jengkel dan ngigit2 adalah, di surat tilang nDaru tertulis sebuah alamat yang (sumpah) ndak jelas dan ndak pernah eksis. nDaru kan ndak tawu Semarang, maka begitu nyampek di kantor besoknya nDaru brosing di internet alamat ituh. Lha ndak ketemu je. Laluh, nDaru menuliskan kata kunci "Pengadilan Negeri Nganu", weee kok ternyata pengadilan ituh beralamat di Jalan S, tapih daerahnya memang betul daerah yang ditulis si bapak. Cuman, endak ada nama jalan yang ditulis sama bapak tadih. Mau nDaru nyarik sampek Beruk jadi anggota DPR yo ndak ketemu.


nDaru terus bertanya-tanya, ini surat tilang kan surat resmi to ya? kok ditulisnya sembarangan. Lha kan nDaru bukan orang semarang. OK lah dengan bertanya sama orang kiri kanan tu Pengadilan bisa ketemu, tapi lalu bagemana dengan legalitas Surat Tilang ini? Apa masih legal dan endak cacat hukum? Kalok memang dianggap legal dan tidak cacat hukum, ya sudah, berarti memang nDaru musti memaklumi bahwa negara ini belum terlalu bijak dalam urusan penegakan hukum dan tata tertib jalan raya


11 komentar:

deadyrizky mengatakan...

karena mbahasanya menarik
aku nyoba naruh ngomen ya?
mboleh kan?
huehehehe

Ina mengatakan...

kalo ngga aneh kayaknya ngga di Indonesia Ndaru...he...he...

guratanpikirku mengatakan...

Syukur selamat sampai tujuan. Saudara yang sakit sudah baikan???

ai mengatakan...

ijin nyimak dolo deh :D

mas stein mengatakan...

kebiasaan yang dihadapi orang bodoh mbak, yang begitu liat seragam coklat langsung gemeteran ndak bisa mikir. atau mungkin karena kebiasaan benar salah aparat selalu benar.

semoga aparat yang seperti itu semakin berkurang.

Arman mengatakan...

trus urusan pengadilannya ribet gak? kalo di jakarta kan ribet tuh... makanya orang mendingan ngambil opsi yang ketiga tadi.. hehe

heny mengatakan...

yo wess...besok2 nDaru numpak lereng wae...qeqeqe...soale berdasarkan pengalaman...di kota-ku kl naik sepeda...mau ngelawan arah ampe' capek jg gak bakalan dikejar "om kumis".. hahah

kawanlama95 mengatakan...

walah ketilang yach, bilang aja saya blogger pak, saya biasa nulis . tapi tetap salah ya.Kalo ada yang salah dari isi surat tilang tersebut. bisa kok ngajuin protes. kan kita sama dihadapan hukum.salam sehat

P. Budiningtyas mengatakan...

@ Deadyrizky
Ya silakan..dan terimakasih atas komengnya

@Ina,
ahahahaha...iya juga ya..dasar negara ****<--sensor

@Guratanpikir
Belum

@ Ai
Ya silakan, kopi teh susu?? silakan mbikin sendiri yaaa

@Mas Stein
Itu sampeyan yang bilang lho...saya ndak nulis kalok aparat itu g****k


@Bang Arman,
Masih nunggu tar tanggal 6 bang

@Heny
woooo....ha kalok itu, mau nylonong lampu merah mpe 3x sehari jg aman2 aja, besok motor ndaru mau ndaru kasih gowesan aja kali yak

@Kawanlama
Saya ndak yakin si bapak ngarti apa itu Blogger

keblug mengatakan...

moral cerita: lebih diajeni klo pake kaos media...
siiip! :D

P. Budiningtyas mengatakan...

@ Keblug,
makanya saya langsung mbikin kaus di sablonan...semua setasiun tak sablonkan ahahaha