Jumat, 30 Mei 2008

budaya mengkritik


tau ga sih? atau minimal pernah mikir lah, seseorang itu lebih gampang mengkritik daripada memuji? terlepas dari bener ato enggaknya pendapat atau pemikiran seseorang, ada unsur subjektifitas yang kental ketika kita menilai hasil pemikiran ato pendapat orang laen. sukar untuk mengatakan pujian pada sebuah karya seni yang memang bener2 bagus. emang sih ndaru pernah bilang bahwa memuji itu belon tentu setulus meng-kritik, tapi ketika ada sebuah hasil pemikiran yang emang bener2 bagus kenapa engga kita apresiasi dengan sebuah pujian?

syahdan sahibul hikayat ada yang menyirat bahwa didunia ini ada dua macem kritik, kritik yang bener2 bagus, bisa membangun dan menyemangati yang dikritik, atau kritik tolol dan murahan yang isinya hanya ingin menjatuhkan sang pembuat ide. kategori yang pertama sudah jelas bahwa tujuan si pengkritik adalah untuk memperbaiki, menyemangati dan menunjukkan kelemahan2 yang sekiranya masih bisa diperbaiki, kritik seperti ini tentu komplit disertai saran yang bisa dipake untuk perbaikan. seperti inilah kritik yang ideal, jadi seumpama orang nyuci gelas, setelah disabun ya dibilas, jadi gelasnya bisa lebih kinclong dan bisa dipake lagi.

meng-kritik bisa dilakukan dengan membandingkan 2 hal yang sama, contohnya tulisan..si kritik bisa membandingkan tulisan sejenis yang sekiranya lebih bagus, tentu di sertai dengan analisa kenapa yang satu lebih bagus dari yang laennya, adapun pengkritik yang bodoh hanya akan bilang bahwa yang satu lebih bagus, tanpa ada penjelasan samasekali, dan untuk menutupi ketololannya dia mungkin akan menyoroti hal yang kurang masuk akal, seperti pemilihan font, misalnya.

ketika kita mengkritik sesuatu, ada tanggung jawab moral yang kita bawa, sudah cukup membangunkah kritik saya?...itulah yang hendaknya menjadi dasar pemikiran ketika kita mengkritik sesuatu, alangkah bodohnya kalau kita mengkritik sesuatu secara sporadis dengan kata2 yang ngoyo woro(omong kosong), yang tujuannya hanya untuk menjatuhkan si pencetus ide, bukankah dengan melakukan hal itu kita sedang memperlihatkan kebodohan kita sendiri? maka dari itu...buatlah kritik yang membangun, dan buat orang2 yang sedang dikritik, janganlah berkecil hati, kita mungkin di kritik bukan karena hasil karya kita jelek, tapi mungkin hanya karena iri, karena kita punya pemikiran unik lebih dulu...setuju???jangan dipikir terlalu dalem, sekali lagi,,ini hanya sebuah BLOG

1 komentar:

Lumiere mengatakan...

I want you to know
He's not coming back
Look into my eyes
I'm not coming back

So knives out
Catch the mouse
Don't look down
Shove it in your mouth

If you'd been a dog
They would've drowned you at birth

Look into my eyes
It's the only way you'll know I'm telling the truth

So knives out
Cook him up
Squash his head
Put him in the pot

I want you to know
He's not coming back
He's bloated and frozen
Still there's no point in letting it go to waste

So knives out
Catch the mouse
Squash his head
Put him in the pot

=radiohead - knives out=