Jumat, 16 Mei 2008

pilihan hidup


life is a matter of choice, gitu kata orang bilang...pernah denger kan kisah pejuang Yunani jadul, Achilles, klo ga pasti pernah liat film Troy, itu lho yang dimainin si Bradd Pitt, terlepas dari si Achilles ini beneran idup ato kagak, yang jelas karakter yang dimunculin ma Pak Homer ini memberi kita teladan buat menentukan hidup yang kekmana yang bisa kita pilih. dikisahkan di pilem ma di novelnya bahwa si Achilles ini dikasih tau ma nyokapnya gini "eh tong klo elu ga ikutan perang ke Troya dan stay di rumah aja, elu bakalan punya istri yang kece, trus punya anak2 yang lucu2,n umur elu bisa mpe kakek2,tar klo elu ninggal, anak2 elu bakal ceritain tentang elu ke cucu-cucu elu, tapi toh entar klo keturunan elu abis, ya udah, kisah tentang elu juga abis, tapi tong, klo elu ikutan perang ke Troya, elu bakal ninggal di sono, tapi nama elu bakalan heboh dibicarain orang mpe beribu2 tahun lagi".yah kurang lebih gitu dah klo diterjemahin ke bahasa Rawamangun dsk.Achilles punya 2 pilihan hidup, mati muda tapi beken, ato mati tua dengan damai tapi gada orang yang pernah inget klo kita idup.

di setiap kita juga pasti dong punya pilihan hidup kek gitu, yaaa pastinya ga soal ikutan perang ato engga', tapi pilihan untuk menentukan sikap. ke pihak mana kita akan berada, ato kepingin menjadi apa kita?..setiap pagi klo pas kbetulan ndaru ngantor naek angkot, ada seorang bapak2 pengemis yang nongkrong disitu meminta belaskasihan dari mahasiswa yang lewat(si bapak pinter milih t4 euy..sekalian ngecengin mahasiswi bohai) usianya klo ndaru tebak ga lebih dari 40 tahun, dan dari potongannya dia masih kuat kok manggul beras 1 kwintal. tapi yaaaa..ga tau deh alesan apa yang membuat dia memilih untuk nongkrong dan ngarepin receh disitu. malem hari pas balik kantor, yang nongkrong di depan situ beda lagi, kakek2 jualan kacang godog pake grobag dorong, klo diliat dari usianya, si kakek ini mungkin seumuran ma mbah prono, udah sekitar 70 tahunan, dia dengan tekun dan sedikit ngantuk nungguin dagangannya melawan udara malem Salatiga yang dinginnya gila2an.

dari 2 orang ini kita bisa liat, bahwa setiap orang punya kesempatan buat memilih,menjadi apa kita? apakah kita memilih berusaha menghidupi diri kita sendiri dengan berusaha ato memilih untuk menanti belas kasihan orang laen? kita tentu mempunyai penilaian sendiri2 yang mana yang lebih mulia?

1 komentar:

Lumiere mengatakan...

our life is just a matter of choice and courage to face the consequences [notre vie est juste une question de choix et de courage pour faire face aux conséquences] <<< http://profiles.friendster.com/deforet