Rabu, 08 Oktober 2008

Menjadi dewasa atau menjadi tua?


Maap klo tulisan ini agak sedikit nggacor, sekedar sharing aja soalnya suka dianggep anak bau kencur gara2 ndaru anak bontot yang masih suka pake kaos bergambar donald bebek dkk. Jadi klo males baca, ya dilewatin saza.

Banyak orang bilang bahwa ternyata menjadi tua dan menjadi dewasa itu beda urusan. Kata orang, usia bisa tua tapi gak dewasa. Tapi ada juga kebalikannya, usianya muda tapi udah dewasa. Lalu apa sih ukuran ato takaran seseorang dikatakan dewasa? mana yang lebih baek? tua tapi gak dewasa ato muda tapi dewasa?

Pas lebaran kemaren, banyak paklek-bulek, pakde-bude ndaru yang bilang klo tampang ndaru pantesnya masih pake sragam SMA, gak ketahuan klo udah hampir 1/4 abad --hihi ndaru anggep itu sebagai pujian soalnya ndaru jadi gak perlu kosmetik anti aging--. Ada semacam sindrom ato gak tau lah namanya yang ada di keluarga ndaru,,,sindrom awet tua...jadi pas kami di usia remaja tampang kami udah kek usia 20an tahun. Tampang tuwir, tapi awet kekgitu terus mpe sekitar usia 30an, gak ada perubahan yang signifikan. Begitu pula ndaru, pas SMA orang sering keliru ma Igna, ndaru dikira igna dan sebaliknya, soalnya pas SMA tampang inanguda ndaru yang satu ini imut abis --kek trio kwek2-- sementara ndaru udah kek anak kuliahan. Na sekarang malah kebalikan inanguda udah kek tante2 --emang tante sih--ndarunya masih kek gini2 aja. Lalu dengan fenomena kekgini --tampang ndaru yang telat numbuh--apakah ndaru disebut gak dewasa? hanya karena orang laen tampangnya berubah sementara ndaru engga'..eh berubah ding..tapi irit.

Lalu kemudian kita bergeser pada kategori cara berpakaian, banyak orang yang ketipu dengan tampang kita saat mengenakan baju2 tertentu, jadi kata orang klo pake baju warna ijo kita terlihat lebih muda, ato klo pake baju warna ungu terong kita kliatan lebih tua. Na, ini ndaru kalah lagi, soalnya banyak baju2 ndaru yang belinya dari kidz station. Banyak baju2 ndaru trutama oblong yang gambarnya karakter komik Warner Bros. ato superhero kartun kek Iron Man dkk. Seringan klo pas belanja baju ditanya ma mbak pramuniaganya gini "bajunya buat anak brapa taun mbak?" lha pas ndaru bilang "buat saya sendiri mbak" si pramuniaga ini pasti langsung cekikikan. Jadi klo menurut ndaru pakaian juga bukan ukuran buat menakar bahwa seseorang itu udah dewasa. Soalnya babe ndaru aja klo jalan masih suka pake clana kargo+kaos bola+topi butut yang sejak beli belon kecuci, gak adil dong klo gara2 baju ndaru gambar Ultraman Leo trus ndaru dibilang belon dewasa.

Klo menurut ndaru, kedewasaan seseorang itu diukur ketika dia mampu menyikapi peristiwa yang terjadi di sekitar dia secara proporsional. Bisa mengendalikan emosi ketika orang mencerca dia dengan ejekan, makian ato hinaan misalnya. Mampukah seseorang ber-empati ketika ada orang laen yang lagi kesusahan, ato malah nyukur2in kek anak kecil yang liat anak kecil laen jatoh kepleset tai ayam. Bukan karena dia pake baju gambar Batman nungging ato karena tampangnya kek bo bo ho.




Tidak ada komentar: