Senin, 06 Oktober 2008

cerita lebaran si nDaru


Dalam rangka mensukseskan Gerakan Mudik Nasional, maka lebaran tahun ini ndaru juga berpartisipasi aktip mudik ke kampung. . Lebaran kali ini ndaru mudik ke rumah simbah ndaru di lereng gunung Merapi, tepatnya di sebuah ndeso yang disebut Wukir Sari, Cangkringan, DIY. Meskipun simbah ndaru Katholik totok, tapi beliau juga menyelenggarakan acara open house kek pak presiden di rumahnya. Sama juga ma yang laen, makanan kecil ma lontong opor juga tersedia. Klo menurut ndaru sih, lebaran bukan lagi milik sodara2 Muslim doang, lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat, terutama masyarakat Jawa, soalnya Opung ndaru di Tapanuli sono gak gitu familiar ma lebaran.

Desa t4 asal muasal keluarga ndaru ini emang gak gitu spesial banget, tapi sering masuk tipi karena menjadi kantong pengungsian klo pas G. Merapi meletus. Soalnya dusun simbah ndaru ini termasuk aman dari terjangan wedhus gembel Merapi yang terkenal ganas itu. Tapi klo terjadi letusan besar2an, tetep aja dusun ini harus ngungsi. Klo musim lebaran gini, dusun ini jadi rame banget, soalnya banyak warganya yang merantau dan sukses di kota besar, jadi klo pas lebaran pada balik ke kampung sambil pamer apa yang udah didapet di t4 kerjanya. Bukannya ndaru sirik sih, tapi itu yang minimal ndaru tangkep dari fenomena di Wukir Sari. Banyak mobil berplat nomor kota2 besar, bahkan ada yang plat nomornya aneh--menurut ndaru lho, soalnya baru liat sekarang--

Lebaran bukan saja menjadi ajang silaturahmi keluarga, tapi juga menjadi bursa pamer mobil dan handphone. Dua produk yang sangat digemari di republik ini. Banyak nilai2 yang sebenernya baek malah menjadi bias. Ndaru masih ketawa klo inget kekmana keluarga tetangga simbah ndaru yang sebenernya jawa totok tapi ngomong pake bahasa indonesia gaul dan ngaku udah kagok klo ngomong jawa. Alesannya di t4 dia kerja gak ada yang ngomong jawa. Ah, Tukul itu lama di Jakarta kok ngomong jawa lancar2 aja?? Itu baru bahasa, yang kadang bikin jengah adalah klo pas kita di jalan, mentang2 mudik trus nyetir se-enak jidat. Pernah ndaru hampir tabrakan ma mobil berplat nomor B 5133 DF yang nyalip seenak perut kek dia yang punya jalan, alhasil karena mobil ndaru juga udah tanggung, gak bisa minggir, ndaru milih buat berhenti aja. mobil yang nyalip itu jg harus berhenti karena gak kebagian jalan, dan jalan jadi macet, si bapak bukannya usaha kekmana biar bisa balik ke jalur dia lagi, malah klakson2 ndaru nyuruh ndaru minggir. Akhirnya demi kepentingan bersama, ndaru ngalah mundurin mobil n menepi.

Terlepas dari semua itu,lebaran tetep suatu hal yang asik, minimal kita bisa liburan dan melepaskan diri dari keseharian. asiknya lebaran juga gak tanggung2 karena pemerintah mau mengakomodinir hari besar ini dengan me-merah-kan kalender alias liburan lumayan panjang. Bukan hanya pemerintah, t4 kerja ndaru aja memberikan seminggu cuti bareng buat karyawannya jadi bisa mudik dan bersilaturahmi ma keluarga.

Tidak ada komentar: