Jumat, 09 April 2010

Aneh..aneh..dan Lagi Lagi Angeh

Postingan nDaru kali inih berbau tendensius dan subjektifitas tingkat tinggi, maap kalok ada yang tersinggung dan ngerasa kesindir.



Duniya inih aneh. Begitulah pikiran nDaru akhir2 inih. Coba Anda silakan bayangken. Ada orang lulusan D3 Komputer tapi endak bisa benerin komputer, ada lulusan S1 Teknologi Informasi tapi endak mudeng ngetrace alamat net tertentu, ada lulusan S1 Ekonomi murni ngajar di sebuah program setudi guru sekolah dasar karena ada bapaknya disana. Lebih aneh lagi, mereka bisa selamat sejahtera sentosa di kantor mereka masing-masing, tanpa kerja keras, datang duduk dan fesbukan (lagih2 benda inih!), gajiyan juga lebih gede, pulang bawak proyekan banyak. Mereka seperti ituh karena gelar yang sudah melekat di nama mereka, juga karena hubungan pribadi yang tak terbantahkan. nDaru ndak lagi sirik, tapi fakta membuktikan.



Tapi, ada orang yang bener2 punya sekil dan kecakapan yang buwagus, sikap simpatik dan menghargai pekerjaan berikut orang2 di dalemnya, endak bisa dapet kedudukan di pekerjaanya, cuman karena latar belakang pendidikannya nyrempet jawuh dari yang seharusnya tertulis. Bukti nyata bagaimana orang itu selama ini bekerja berikut berbagai trening dan pelatihan (sama saja ya) yang sudah diikuti endak bisa menjadikan atasannya -yang katanya lulusan luar negeri- melek melihat apa yang sebenernya terjadi.



Ada lagi nih. Orang goblok ditambah tampang juwelek (hehe, kalok ini apesnya dia), naaa bisa dapet kesempatan di kantornya cuman karena dia bakat bergulat lidah, jadi penjilat bosnya, endak peduli berapa kali bos ganti pokoknya dijilat teruuus (sampek endak tawu mana yang dijilat ya). Sudah kelihatan kalok kerja juga endak becus. Jadi ceritanya, ini ibu dosen. Kalok ngajar dodol, pengetahuan rendah, naaaa bikin kebijakan jugak seenak perut sendiri. Trus, ibuk ini dengan segala daya upaya berusaha menjilat pantat pimpinan buwat ngrayu disekolahin di ostrali sono. Pimpinan bilang oke, ternyata endak lulus tes. Trus, dia nyarik beasiswa yang bisa ngasih duwit milyaran buwat sekolah di ostrali. Eh, pakek cara menjiplak thesis seseorang di internet segala. Untung, Tuhan itu endak tidur, wong beliyonya langsung ketahuan trus dibleklis. Endak tawu kenapa si ibuk mupeng banget ke ostrali, mo kawin sama kanguru mungkin ya.



Orang-orang lain yang punya kemampuan dan kecerdasan masih harus bersabar buwat dapet kemapanan. Saben ari mereka kerja dengan rasa was-was, apa lagi yang akan dikerjakan oleh para bedebah tolol yang beruntung dan endak tau malu itu. Lha, parahnya lagi, apa yang dikerjakan segerombolan orang tolol itu selalu dibenarken oleh para pembesar institusi. Salah ya dibela2in, bener dikit aja langsung dipuji2. Sementara mereka yang nDaru sebut belakangan itu? Harus bener2 menguras otak dan keringat supaya bisa memenuhi kriteria pembesar.



Logikanya, yang bekerja baek pasti dapet kebaekan, yg jelek ya dapet kejelekan. Tapi toh, memang duniya itu bukan surga. Tidak ada kesempurnaan disini. Kalok mau sempurna ya adanya di surga (katanya). Dan, memang otak cerdas dan kemampuan yahud bukan jaminan orang sempurna. Begitu juga orang pinter dan baek endak cukup dapet satu dua tiga kali ujiyan, mungkin berkali-kali supaya mereka jadi orang yang bener2 baek dan menghargai hidup.

2 komentar:

mas stein mengatakan...

semua ada harganya mbak, kalo ndak dibayar sekarang ya dibayar nanti. monggo kalo lagi senggang mampir ke sini

petruswijayanto mengatakan...

ada lulusan S1 Ekonomi murni ngajar di sebuah program setudi guru sekolah dasar karena ada bapaknya disana.

wah.. siapa tuh?
sy di ekonomi lho...

(kalau mau kasih info, PM saya saja, hehehe..)