Senin, 12 Mei 2008

berserah



masih tentang mbah prono, duh ne 2 orang keknya gada habisnya klo diceritain, roker dah...trakir ndaru maen kesana, simbah uti ga jualan, dia sakit, demamnya tinggi banget, mereka menolak dengan halus ketika ndaru ajakin mereka ke poliklinik di t4 ndaru kerja, dan mereka lebih memilih puskesmas kampung..entahlah apa yang bikin perjalanan dari rumah mbah prono ke puskesmas ini begitu lama, prasaan klo ndaru lari2 setengah jam juga nyampe, lah ini naek mobil kok malah jadi lama, sepanjang perjalanan mbah prono kakung ga berhenti2 gosokin minyak gosok ke badan istrinya sambil bilang "sdelo ngkas ibune, meh tekan galo(=bentar lagi bu', bentar lagi nyampe). malemnya ndaru bela2in begadang di rumah simbah, sambil nungguin istrinya mbah kakung cerita tentang kehidupannya dulu, bagaimana dia bersembunyi dari kejaran serdadu2 jepang, dan akhirnya "terdampar" di salatiga ini.

bagaimana dia harus menjadi penjaga sekolah di sebuah SD negri, dan "diistirahatkan" karena sudah terlalu tua tanpa pesangon, tapi dia masih mau menerima tanpa protes apapun, dia bilang, manusia itu hidup berdasarkan anggitan (imaji) dan pengalaman, jika hidup itu didasarkan pada sikap nrimo(berterima), seseorang akan lebih bisa menikmati hidupnya. sikap nrimo inilah yang membuat mereka tidak terlalu menyedihkan kehilangan anak mereka, mereka beranggapan bahwa toh anaknya pasti sudah bahagia somewhere out there. bahwa semua yang terjadi pasti mempunyai hikmah, ketika dia diberhentikan dari pekerjaan dia dulu, dia masih bisa menggalih(mikir) bahwa Tuhan pasti akan memberinya jalan rejeki yang lain. ketika kemaren rame2 ada BLT dan mereka tidak dapet bagian, dia juga tidak protes

mbah prono ini juga orang yang tulus, bagaimana mbah uti dengan iklas hati memberikan jajanan dagangan dia pada anak yang bermain didepan halaman rumahnya, padahal klo dipikir, klo dia jual tu senek juga pasti ada untungnya. simbah ber2 ini begitu yakin bahwa ketika mereka memberikan sesuatu kepada orang, Tuhan pasti akan membalasnya dengan lebih berlimpah lagi.
mereka mungkin memang miskin dan terpinggirkan, tapi ada sisi lain dari mereka yang membuat mereka lebih kaya daripada orang laen, yaitu ketulusan mereka kebersahajaan hidup mereka. klasik mungkin tapi sebenernya itulah hidup, mbah prono kakung bilang, "gesang menawi seneng kemawon menika boten sae mbak, awit tiyang gesang menika kersanipun saged ngrumaosi sekeca, nggih kedah ngrumaosi rekasa rumiyin, lajeng samangke saged ngrumaosi gesang ingkang sekeca"<--i taped this javanese words (hidup klo seneng mulu tu ga baek, klo pengin ngrasain hidup enak hidup sengsara dulu biar bisa menikmati enaknya)" Sebagian arti hidup adalah untuk mengalami senang dan susah. Hidup yang terus menerus bahagia, bukanlah hidup yang baik ( George Loewenstein)

1 komentar:

Lumiere mengatakan...

Ya Allah,

dekaplah mereka dalam pelukan hangatMu,
pangkuan kasih sayangMu, dan
kebersahajaan cintaMu ...

Amien

I'll drown my beliefs
To have you be in peace
I'll dress like you please
To wash your swollen feet

Just don't leave
Don't leave

I'm not living
I'm just killing time
Your tiny hands
Your crazy kitten smile

Just don't leave
Don't leave

And true love waits
In haunted attics
And true love lives
On lollipops and crisps

Just don't leave
Don't leave

==radiohead - True Love Waits==