Selasa, 09 September 2008

Bersyukur : Kadang susah dikerjain


Pada tiap hari Senin jam 9, t4 kerja ndaru ngadain ibadah yang dikenal dengan ibadah Senin, jadi tiap hari n jam itu gada kegiatan sama sekali, emang sih tu ibadat gak wajib diikutin, ndaru juga suka bolong2 ikutannya, kadang ikut kadang engga'. Nah, kemaren ndaru kebetulan ikutan tu ibadat. Ada 1 hal yang menurut ndaru asik neh. Khotbah hari itu bertema syukur kepada Tuhan. Maap ya, ne ndaru bukannya mo bikin tinjauan teologis tentang makna bersyukur itu, tapi lebih ke preseden ndaru soal bersyukur ini.

Coba deh kita liat2 lagi, di agama apapun, banyak perintah2 Tuhan untuk umat-Nya yang gampil kita terima, kek dilarang membunuh, gak boleh berzinah, jangan menyembah berhala, jangan mencuri, dan masih banyak lagi perintah2 ato ajaran2 yang dirasa masuk diakal, dan mudah diterima. Tapi Tuhan juga kadang2 memberi kita ajaran yang susah masuk di akal, salahsatunya ya bersyukur ini. Siapapun bakalan bersetuju klo bersyukur ditengah2 keadaan yang buruk itu gak masuk akal dan susah dikerjain. Rata2 doa2 syukur kita panjatkan pas abis panen ato dapet tambahan gaji misalnya. Jarang2 dong kita doa gini "Tuhan terima kasih karena TV saya hilang", yang ada kita bakalan misuh2 gak keruan gara2 tipi diembat maling. Apalagi hari2 sekarang ini, banyak mall2 dan supermarket dibangun, bikin budaya konsumerisme makin meningkat, dan klo udah gitu keknya kita gak pernah puas dengan apa yang kita punya. Bawaannya blanjaaaaaaaaa terus. Pan pada dasarnya manusia adalah makhluk yang susah puas dengan apa yang dia punya.

Si bapak pemimpin ibadah maren bilang bahwa, sikap bersyukur akan memberikan dampak yang luar biasa bagi setiap orang percaya. Mungkin kita sedang merasa sesak dan jengah dengan ujian yang lagi kita alami. Namun, mengucap syukur kepada Tuhan untuk meminta perhatian atau penyediaan-Nya yang terus-menerus, akan mengingatkan kita bahwa Tuhan selalu hadir buat kita. Nah, klo menurut ndaru sih gini, kadang kita terkonsentrasi pada apa yang kita pengini, tanpa tahu bahwa sebenernya yang kita pengin entu gak baek buat kita, Tuhan lebih tau apa sih yang paling baek buat umat-Nya. Sikap yang penuh syukur bakal memotivasi kita buat mencari tahu tujuan Tuhan tu kekmana sih? apa sih yang Dia pengin buat kita? Toh semua indah pada waktunya. So, terima kasih Tuhan buat semuanya.

Tidak ada komentar: