Kamis, 04 September 2008

puasa yuk puasa!!


Udah beberapa hari ini sodara2 umat muslim menjalankan ibadah puasa. Emang sih ndaru gak ikutan menjalankan ibadah yang menuntut fisik dan mental yang prima ini. Lingkungan kerja ndaru juga sebuah institusi yang tidak mengakomodasi ibadah puasa. Begitu juga dengan komplek rumah ndaru, mayoritas penduduk komplek adalah pendatang dari Sabang sampai Merauke, jadi gak terlalu banyak orang yang menjalankan ibadah puasa di komplek ndaru. Praktis suasana ramadhan hanya ndaru rasain klo pas di blanja di supermarket ato liat tipi. Cuman, kebetulan rumah ndaru sebrangan ma masjid komplek. Jadi klo pas acara Sahur dan imzak, kuping ndaru adalah sasaran pertama dari kumandang panggilan itu.

Setelah bulan ramadhan ini berjalan 4 hari, ndaru baru ngerasain hikmahnya, ndaru jadi bisa bangun pagi, jadi bisa jogging, ke pasar n masak nasi+sayur, jadi pengeluaran di sektor makan bulan ini pasti bisa ditekan. Pengeluaran laen yang gak kalah lmayan bisa ditekan adalah pembelian permen karet. Dalam 1 hari rata2 ndaru bisa menghabiskan 3 bungkus Wrigley's+1-2 bungkus big babol. Itu belon klo harus joinan ma anak2 komplek. Soalnya, ndaru gak bisa donk ngunyah permen karet se-enak jidat di tempat umum. Pan menghormati orang yang puasa, bukan menghormati bulan ramadhan lho..pan bulan puasa udah terhormat buktinya sodara2 muslim menganggap ne bulan yang sepesial hihihi.Ya emang sih soal pengeluaran emang gak bisa ditekan seminimal mungkin, soalnya biasanya pas ramadhan gini, banyak makanan dan minuman aneh2 yang gak nongol pas hari2 biasa jadi nangkring di pinggir jalan, dan klo jiwa wisata kuliner ndaru muncul jadi suka pengin nyicip.

Well, pada dasarnya sih, bulan ramadhan ini banyak membawa perubahan positip buat pribadi ndaru, jadwal tidur yang mulai teratur, soalnya ndaru jadi musti tidur agak pagian, dari yang biasa jam 12 lebih dikorting jadi jam 10an, biar besoknya gak ngantuk di kerjaan gara2 bangun pagi2. Trus mulut ndaru juga sekarang agak bisa mingkem, gak ngunyah permen karet mulu, bahkan kadang secara reflek bikin balon segede toples--untung gak kejadian pas rapat bareng pimpinan--. Itu yang berupa fisik, yang berupa rohani, kadang ndaru ikutan nguping khotbah-nya pak kyai pas kuliah subuh ato solat tarawih--mudah2an bener nulisnya..klo salah tlg di koreksi--di masjid sebrang rumah, yang intinya sih klo ndaru denger yaaaaa...ajaran ttg toleransi, mengendalikan emosi, kekmana beribadah yang bener dkk, belon pernah tuh ndaru denger kekmana nge-bom gereja ato menghakimi keyakinan laen. Trus berkat laen di bulan ramadhan adalah ndaru kadang dapet ampiran kolak tetangga yang lagi puasa, dan malah kadang diajakin buka puasa soalnya jadwalnya pas makan malem ndaru hihihihihi...SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA BUAT YANG MERAYAKANNYA!!

gambar diculik dari sini


Tidak ada komentar: