Senin, 08 September 2008

ngerumpi


Emang asik keknya klo sore2 kerjaan udah kelar trus nunggu pulang, rame2 kita ngobrol2 ngalor ngidul ngetan ngulon. Emang sih asik2 aja ketika kita ngobrolin film yang lagi hit, ato lagu yang lagi melejit, ato kekmana masak pisang goreng biar enak dimakan ato resep durian duri lunak gitu. Yang gak asik adalah biasanya kita ngerumpiin kejelekan orang. Dan biasanya orang yang kita omongin itu gak ada diantaran rumpiers itu. Apalagi di tengah2 budaya Jawa yang masih bau2 sungkan dan ewuh pakewuh. Didepan kita ngomong baek2, eh di belakang dia dirasani.

Emang sih, kejelekan orang ini merupakan bahan yang paling asik buat rasan2 sambil petan (=nyari kutu) hahahaha. Ato nasehatin orang tapi ujung2nya ngerumpiin orang di chattingan contohnya gini "jadi cewek itu harus yang maniz, gak kayak ndaru itu, senengnya mencela orang, sukanya ngomong kasar ma orang, jadinya banyak yang gak respect ma dia" ya antara laen kek gitu deh. Ato gini " eh Yu Painem itu klo diajak ngomong sombong, kemayu, sok kecakepan, gayanya aja selangit, padahal baju aja ngutang, SD aja gak lulus, OKB dia" dan masih banyak lagi contoh2nya.

Klo menurut ndaru, orang yang suka ngerumpi itu adalah orang2 yang gak pernah bahagia dalam hidupnya. Tenaganya dihabiskan buat nyari2 kejelekan orang dan kelemahan orang. Mereka juga pengecut, gak mau negor didepan orang ybs. Hidup mereka bakal diliputi perasaan cemas dan gak tenang, soalnya apapun yang dibuat orang bakalan diselidiki apa2 yang gak beres, bakal menafsir yang negatip2, bahasa kerennya negative thinking.

Lalu apa pernah sang pengrumpi itu membayangkan menjadi orang yang dirumpiin?..Mas Peyek Suryo --sodaranya Roy Suryo keknya hihihi, bcanda mas-- pernah nulis di blog dia, bahwa dia pernah menjadi korban salah tafsir. Gak enak dan nyebahi kan? Tapi ya karena di dunia ini orang bebas menafsir dan mengerumpi, yaaaa...kita cman bisa gigit jari.

Ngerumpiin kejelekan orang laen, apalagi yang cman didasarkan pada penafsiran sepihak, pada dasarnya melanggar hak asasi manusia dan bisa dikategorikan dalam pelecehan martabat manusia, kekmana engga', soalnya manusia cuman dijadikan objek rumpi, tanpa bisa membela diri. kekmana mo bela diri wong dia diomong gak tau. Orang yang dirumpiin ini juga gak akan pernah tau kesalahan dia apa, jadi gada kes4an buat memperbaiki diri. So, asik sih ngerumpi, cman pilih2lah topik yang asik.

Tidak ada komentar: