Kamis, 14 Agustus 2008

Hari Merdeka


Ah, ga terasa udah bulan Agustus. Bulan ke 8 euy...Tau kan bulan Agustus ada apa? yak tul, hari merdeka..alias HUT RI yang tahun ini udah ke 63. Masih muda ya...ma babe ndaru aja tuwiran babe ndaru. Bandingin aja ma Amrik, mereka udah ultah brapa kali hayo? hihihi..

Sebenernya udah dari awal bulan pak RT suruh ndaru buat pasang bendera di depan rumah, tapi bawaannya lupa mulu mo beli tiang sekalian benderanya. Akhirnya maren sore kebeli juga tu tiang ma benderanya. Siang si babe udah bikin kolongan buat naroh tiang bendera dari semen. Sore kami memasang tu bendera di depan rumah. Dan seperti biasanya, babe langsung hormat begitu bendera selesai kepasang. Ndaru udah apal banget kebiasaan babe.

Kata babe, dia selalu hormat ke bendera dimanapun dan kapanpun bukan karena dia bekas serdadu. Tapi karena dia produk dari jaman perang, babe lahir dulu jaman orang2 jepang masih nangkring di Indonesia. Pada saat itu, jangankan mengibarkan bendera, nyimpen bendera merah putih aja klo ketahuan bisa berabe dah. Itu makanya si babe begitu menghargai sang merah putih, dan penghargaan itu dia tunjukan dengan hormat pada saat tu bendera selesa dikibarkan.

Simpel sih sebenernya, cman dari situ kita bisa belajar, buat menghargai negara ini, betapa negara ini dilahirkan dengan susah payah, dengan tetes keringat dan darah para pejuang. Sudah saatnya bangsa ini belajar buat memberi. Belajar buat merasa, apa yang sudah aku berikan buat negara ini? Menghargai apa yang udah dikerjain ma orang-orang kita dulu dalam merebut kemerdekaan. Jangan hanya emosi pas BBM naek. tapi giliran bayar pajak ngumpet, diakalin dan dikibulin.

Orang2 sekarang jarang pergi ke museum. Padahal klo kita mau jujur, museum itu bikin orang bisa menjadi lebih cinta ma negri ini. Bagaimana engga', kita bisa ngelihat langsung saksi bisu perjuangan mendapatkan kemerdekaan yang tentunya ga gampang. Mungkin dari situ kita bisa melihat kekmana semangatnya pendahulu2 kita usaha biar bisa menjadi bangsa yang bebas. Orang lebih memilih ke mal, terang aja ketika barang di mal menjadi mahal gara2 BBM naek mereka protes.

Di t4 ndaru kerja ada sebuah pusat studi buat meneliti dan mengembangkan bahasa jawa, akhir2 ini ndaru banyak terlibat disana, berapa orang yang berminat? orang2 yang ngakunya orang indonesia, harusnya ngerti dong, mereka punya kewajiban buat mengembangkan budaya indonesia. Nasionalisme toh bisa diwujudkan dalam berbagai hal. Ga cman nuntut BBM turun demi rakyat kecil. Napa ga bantu negara buat "menjual" pariwisata Indonesia, biar jadi maju, dan banyak orang berkunjung ke Indonesia. Bukan malah demo rusuh yang menakut-nakuti orang mo mlancong. Sudah saatnya kita berpikir, kenapa orang2 dulu mau memberikan hidup mereka biar Indonesia ini merdeka? Sekarang giliran kita buat meneruskan apa yang menjadi cita2 orang yang dulu susah payah buat merebut kemerdekaan. Dengan apa saja yang bisa kita kerjain. MERDEKA!!!

Tidak ada komentar: