Kamis, 14 Agustus 2008

Jadilah padaku seperti yang Kau ingini


Yah, lagi-lagi cerita tentang orang di sekitar Ndaru. Ndaru (masih) demen jadi detektip. Soalnya, dari situ Ndaru blajar banyak dari cara mereka melalui hidup yang serba engga pasti. Dan, kali ini Ndaru terkesan banget sama seorang bapak. Ndaru ngobrol bareng beliau pas ketemu di gereja maren. Bapak ini lumayan kece si untuk ukuran bapak2. Hihihi. Tapi, enggak masalah kecenya ya. Cuman, dia keliatan awet muda, dengan wajah yang cerah, rambut berpotongan pendek, dan badan tinggi menjulang.

Si bapak baru saja kehilangan putri keduanya karena leukemia (wah..jadi inget sepupu Ndaru). Setelah perjuangan yang cukup melelahkan selama hampir sebulan, putri keduanya dipanggil Tuhan. Dan, bapak ini setia jagain anaknya, sabar ngikutin pengobatan medis dan ngadepin kondisi anaknya yang naek turun. “Trakir dia bangun dari komanya Mbak. Bahkan, sempet jalan-jalan pake kursi roda, tapi Tuhan berkehendak lain. Dia meninggal tepat abis ketemu saya dan duduk di kursi rodanya kek orang tidur. Damai”, ucapnya sambil tersenyum.

Ternyata, istri beliau juga kena leukemia dan udah ninggal enam taon lalu. Sedihnya, penyakit ini nurun ke anak2 ceweknya semua. Padahal, anak ceweknya ada dua. Si kakak juga ninggal enam bulan yang lalu. Ndaru mlongo dengernya. Soalnya, bapak ini cerita tanpa penyesalan dan kesedihan berarti. Beliau bilang, sejak awal dia tau kalo dia menikahi seorang pengidap leukemia dia sudah siap dengan kondisi ini. Dan, dia toh engga menyesal karena katanya paling engga dia tau kekmana besok harus berpisah dengan istri dan dua putrinya.

Si bapak juga bersiap sedia dari awal. Beliau kerja keras banting tulang biar dapet dana cukup buat pengobatan istri dan kedua putrinya kelak. Beliau juga berusaha buat mencintai mereka setotal mungkin. Apapun dia kerjain buat mereka, termasuk nyari donor sumsum tulang belakang ke seluruh penjuru dunia. Dan, ketika istri dan kedua putrinya sakit, dia engga putus usaha nyari alternatip kesembuhan mereka termasuk ke pengobatan jarak jauh.

Tapi toh, di balik sikapnya yang engga gampang nyerah pada keadaan, dia tetep pasrah. Intinya, kata bapak ini, berterima. Tidak sedikitpun dia mengeluh. Dia cuman bilang, “Biarkan Tuhan yang memutuskan, saya cuma bisa menerima”. Ah, dulu pas ditinggal sepupu Ndaru aja, Ndaru langsung memble gitu, tapi bapak ini yang tau bakal keilangan istri dan dua putrinya tetep bahagia.

Tidak ada komentar: