Rabu, 20 Agustus 2008

Ryan


Pasti donk pada ngikutin berita tentang pembunuh berantai Verry Idham Henyansyah alias Ryan. Mas yang satu ini tiba2 aja jadi selebriti. Tiap ari isinya tentang Ryan, Ryan, dan Ryan. Hari ini soal korban yang ketiga, besoknya tes psikologis Ryan, besoknya lagi tentang korban lagi, besoknya Ryan lagi, gitu terus. Ndaru jadi jengah, kek ga ada hal laen yg perlu diberitain aja dan tiap waktu Ndaru nonton berita isinya Ryan mulu.

Emang sih, Ryan itu ‘fenomenal’. Orang biasa toh ga akan nyangka kalo orang kalem kek dia bisa nglakuin hal sekejam itu berulang2. Tapi yg Ndaru sayangkan adalah cara pers memberitakan Ryan. Pada awalnya, pemberitaan masih seputar aksi Ryan dan berbagai korbannya. Tapi lama2 pemberitaan makin masif dan melanggar etika. Kalangan pers langsung mencari berita seputar masa kecil Ryan lalu menghubung2kan keberadaan dia sebagai (maap) gay. Ga berhenti sampe di sana, pers pun gencar menyelidiki kehidupan keluarga Ryan. Di salah satu televisi diberitakan kalo Ryan itu punya sodara tiri dan dulu ibunya tergolong gadis cantik yang (maap lagi) genit di masa mudanya.

Semua jadi berlomba2 mencari keburukan Ryan dan seluruh aspek hidupnya. Bahkan, masa lalu ibunya yg sebenernya ga ada hubungannya dengan tindak kejahatan Ryan pun jadi konsumsi publik. Begitulah seorang Ryan menghadapi proses hukum di Indonesia. Secara dia orang yg berasal dari golongan ekonomi lemah dan kenyataannya Ryan adalah seorang gay, golongan masyarakat yang termarjinalkan. Coba kita bandingin ma penjahat kakap kek Artalyta Suryani yang dengan pedenya mempermainkan hukum Indonesia. Emang si Artalyta engga membunuh belasan orang dan memutilasi mereka, tapi aksi dia sebagai penyuap Jaksa yang bertugas di Kejaksaan Agung dan bahkan masih bertingkah di tengah proses hukum memberi gambaran kalo orang yg berduit diperlakukan lebih baik. Apa ada yg ampe ngorek daleeeem banget kehidupan Artalyta kek yg dilakuin ke Ryan?

Jadi yah…lihatlah masalah secara proporsional saja.

Tidak ada komentar: