Jumat, 27 Juni 2008

Cyber Buddy


Beberapa hari ini, nDaru rajin banget ikutan konfren, ya emang kadang cman nitip nick doang karena emang kerjaan lagi sedabrek, s4 sih berpartisipasi aktip ikutan ngocol disitu cman sadar diri dengan kerjaan, akhirnya ndaru memilih buat --idle-- tanpa meninggalkan konfren, dengan harapan setelah kerjaan ndaru selese, ndaru bisa balik ngocol kesitu lagi.

Karena status --idle--tadi ndaru ga ngikutin apa yang diobrolin di room, dan keadaan ini diperparah dengan kenyataan bahwa ndaru sering harus niggalin PC, akibatnya kadang banyak PM yang masuk dan ndaru ga s4 jawab. Lebih parah lagi, kadang ndaru lupa buat memilah mana yang udah kejawab dan mana yang belon dan eh tau2 ndaru dikatain sombong hehehe.Trus ada juga friend request yang ndaru reject karena ngerasa ga kenal, eh dikatain sombong lagi. Diantara PM2 itu ada yang dari temen deket ndaru, sodara ndaru, bahkan diantaranya ada yang mengenai masalah kerjaan. Tapi ga jarang ndaru terima PM2 iseng yang cuman BUZZ doang dan icon2 aneh yang kadang disertai panggilan2 yang kadang bikin ndaru risih.

Yah, itulah asiknya dunia maya, kita bisa bertegur sapa dan ngobrol2 asik via PM, betapa kemajuan jaman sangat membantu kita mengekspresikan kerinduan dan perasaan kita pada orang2 yang kita cintai, karena selaen murah PM juga menjamin kerahasiaan obrolan kita dengan lawan chatting kita. Tapi yang bikin males, kadang banyak orang yang cuman iseng dan sok kenal, dengan enteng memberondong kita dengan berbagai pertanyaan yang GA PENTING ABIS. Dan membuat hari kita malah getting worse. Yang klo dirunut, intinya sih mengharap secuil roman di dunia maya ini. Orang2 yang mau percaya saja sama pic yang dipasang di chatt engine kita (padahal ga tau kan, klo poto itu poto tetangga sebelah) dan kemudian berkoar2 mengomentari penampilan pic itu.

Memang sih ga semua orang di cyber chatt ini seperti yang ndaru gambarin diatas, ndaru juga punya kok cyber buddy yang asik buat diajak ngobrol, enak buat sharing, bahkan kadang ada yang bisa buat tuker2 info soal kerjaan/hobi ato apapun. Mereka adalah orang2 yang BIASANYA ga gitu ngeh dengan pic kita di YM(klo kita masang), orang2 yang lebih pengin merasakan asiknya chatting dengan orang baru yang nun jauh disebrang daripada penasaran akan muka lawan chattingnya.

Apa sih yang dibutuhkan buat berteman? *klo menurut ndaru ya* adalah kesanggupan buat dengerin keluhan, kerelaan buat menjadi t4 meletakkan sejenak beban pekerjaan yang kadang ga ada habis2nya. Itu saja, kita toh ga harus bersetuju dengan pendapat dia, ato apa yang menjadi pandangan dan pemikiran dia, kita juga ga harus punya solusi buat setiap masalah yang sedang dia punya. Sekedar menjadi pendengar sepertinya juga udah menjadi berkat tersendiri buat orang laen. Begitu juga dengan teman cyber ini. They have same role as our "real" friends. Mereka punya peran yang sama dengan temen2 kita di dunia nyata. Secara, mungkin kita ga bisa setiap saat ketemu dengan temen2 "beneran" kita, merekalah yang menjadi temen kita berbagi, bahkan kadang cyber mengeliminasi "batas2" usia, gender, dan mungkin juga status sosial. selaen tentunya meng"eliminasi" jarak. Jadi tinggal pinter2nya kita aja kok menggunakan chatt engine ini..klo niatan kita baek, tentunya ya jadi baek, klo niatan kita jelek ya pastilah jatohnya ga jauh2 dari niat itu.

(picture grabbed from www.meebo.com and Yahoo Messenger)

Tidak ada komentar: