Senin, 09 Juni 2008

racun dunia?


pernah denger dong judul lagu dari band yang dandan kek orang jadul itu?..wanita adalah racun dunia, well, pernah kepikiran ga?siapa yang mengandung kita 9 bulan nonstop?mo tidur ga enak,jalan ga enak,perut buncit kek semar..dan balasannya ngatain wanita racun dunia?
Dari jaman Cut Nyak Dien SD mpe sekarang, wanita seringkali hanya menjadi objek penderita, ketika ada peristiwa "kecelakaan" trus si cewe' sampai hamil, siapa yang paling menanggung jeleknya? rata2 si cewe'..ketika ada cowo' selingkuh..sapa yang jadi bahan omongan?si cewe' lagi,ketika seorang cowo' dengan sejuta cinta nembak cewe' trus kmudian tyata ditolak,,apa yang ada di benak si cowo'?sadarkah dia bahwa cewe' juga punya hak buat milih?atau berpikir bahwa si cewe' matre lah, kelas tinggi lah, dan masih banyak dan masih banyak lagi preseden yang memojokkan posisi cewe'.

sekarang marilah kita geser ke dunia cyber, yang notabene-nya adalah dunia artifisial, katakanlah secara logika, dunia dimana orang bisa menjadi siapa saja..berubahkah pandangan ke cewe'? menjadi lebih baekkah pandangan ke cewe'? klo menurut ndaru di dunia cyber, buat sebagian orang, cewe' hanya objek buat di-flirt, dikibulin, dikadalin dan di...di..yang laennya. buat sebagian orang mungkin itu adalah hal yang biasa, secara, buat sebagian cewe' mereka seneng dikibulin gitu..tpi yang menjadi pertanyaan..sedangkal itukah? klo ndaru liat, banyak cewe' yang ngobral cinta di chatting, inilah yang semakin membuat citra cewe' terpuruk, tidak adakah harga diri ato kebanggaan menjadi cewe'?atau segitu jelekkah wajah mereka untuk memikat cowo', sehingga lari ke dunia chatting cman buat dikibulin cowo'?itu belon lagi ada oknum2 yang MUNGKIN cowo' n nyaru jadi cewe' dan posting semena-mena di chatting.

Cewe'/wanita/perempuan masih di anggep kaum lemah dan cman jadi konco wingking(=teman belakang kata orang jawa) menjadi kaum kelas 2 setelah cowo'..itulah doktrin yang tersirat sejak jaman blon ada Ibu Kartini yang harum namanya itu. ndaru jadi inget mbah uti di Cangkringan sono. keknya mbah kung bakalan kapiran klo gada mbah uti, pagi2 siapin sarapan, trus ke sawah bareng, trus siang2 balik, mbah kung leyeh2 di depan, mbah uti siapin teh manis, udah gitu siapin makan siang.udah slese makan mbah uti cari rumput buat kambing n sapi..pola ini juga sama dengan apa yang kejadian ma opung n opungboru ndaru di Parapat sono, opung abis dari kebon klapa sawit, treak2 minta dibikinin kupi panas..bener2 sebuah pengabdian, yang ndaru sendiri mungkin ga akan sanggup kekgitu. ga ada keknya istilah sejajar gitu..itu kali yak yang jadi alesan napa dulu jarang2 ada perceraian.

Foto diatas ndaru ambil pas jalan ke Ketep, sebuah daerah di lereng Merapi, rata2 upah mereka nggendong rumput cman 5rebu sehari, tu rumput beratnya bisa nyampe 40 kg lho, jalan nanjak aja udah capek, apalagi pake bawa beban..duh ga kebayang deh..setelah itu mereka harus siapin makan buat suami mereka, mandiin anak2 mereka, kapan mereka mikir buat diri mereka sendiri? jdi ketika ngatain wanita racun dunia..kita juga racun dong, secara lahir dari wanita juga....

Tidak ada komentar: