Selasa, 29 Juli 2008

belajar buat memberi


Ini soal Mbah Prono lagi, beberapa hari ini ndaru telat bangun mulu, yah maklum udara Salatiga lagi gila2an dinginnya. Klo udah gitu pasti ndaru ga bisa sarapan bubur Mbah Prono nan panas dan enak gila..Dan klo ndaru pesen, pasti Mbah Prono putri lupa, yah ga pa2 deh udah senior kali yak, jadi sering lupa, keasikan jualan bubur juga keknya. Yang pasti bukan karena beliau pelit deh.

Dulu kata Si embah, buburnya sering banget ga laku, klo udah gitu dia suka tuh keliling2 ke rumah2 tetangga yang punya anak kecil ngasih buburnya ke mereka. Nasib goreng2an n senek dagangan dia kek pisang rebus kacang rebus dan kawan2 juga sama kekgitu, tiap siang ada anak maen gundu di halaman rumah dia ato mau mancing di sungai, dia panggil trus dikasih gorengan dan senek sisa jualan dia. Trus ndaru s4 nanya, ga takut rugi apa mbah? pan sayang dibagi2in gratis doang. Napa ga dimakan sendiri aja, pan bisa kenyang jadi bisa irit beras. Secara, *maap banget ni* Mbah Prono sekalian ini bukan dateng dari keluarga yang mentereng, dan termasuk keluarga yang seharusnya dapet BLT.

Trus si embah cerita, *eni bagian favorit ndaru, soalnya cerita di halaman nyang ngadep ke kali +ketela rebus+teh tawar anget* Orang jualan itu harus sabar dan punya 2 manfaat, manfaat 1 klo dagangannya laku pan jadi duit, manfaat ke2 klo dagangan dia ga laku, kasih aja ke orang, buat Mbah Prono, yang namanya makanan itu adalah anugrah dari yang diatas, jadi jangan sampai dibuang, bagiin aja ke orang, dan bersukurlah bahwa kita bisa memberi rejeki ke orang, sebagai perwujudan kasih, dan kekmana si embah ini percaya banget, bahwa Tuhan "membayar" setiap bubur dan senek yang dia bagi2in ke orang. Buktinya, saya masih bugar, saya masih bisa jualan besok pagi. "ooooowh gitu ya mbah"

Ndaru jadi malu ati, kadang ndaru masih suka posesip, ga mau berbagi, padahal ndaru punya lebih dari sekedar bubur ato gorengan, mungkin Tuhan ga "membayar" kita disini, di dunia ini, tapi entar ketika kita mati, "bayaran" dari Tuhan itulah yang bisa disebut amal itu, yang akan manjadi sangu kita di sana.

Tidak ada komentar: