Senin, 28 Juli 2008

cinta lagi ah!!



Beberapa hari nyang silam, di siang bolong pas lagi nungguin bakso ojek lewat, Ndaru dicurhatin ma temen sekantor Ndaru. Topik curhatnya rada berat dikit; cinta. Ini bukan topik yang Ndaru kuasain dengan matang, jadi Ndaru brusaha buat jadi pendengar yang baek aja. Hihihi. Tapi, maap ya, critanya ini agak puanjang.

Alkisah syahdan kata sahibul hikayat, temen sekantor Ndaru entu pacaran ma temen masa kecilnya, seseorang yang udah bareng2 dia dari jaman dia ingusan ampe skarang dia dapet pengakuan atas prestasi kerjanya. Dan ini bukan cuma sebuah cinta yang kekanak-kanakan hihihi mang cinta yang dewasa kekmana yak? Ndaru cuma nyontek omongan temen Ndaru kemaren loh! Temen Ndaru bener2 udah sreg ma pacarnya ini, karena dengan dialah dia mendapatkan cinta yang sesungguhnya; seseorang yang mencintainya dengan sungguh2, ngertiin kondisi dia, menerima dia apa adanya, dan yang pasti mau bareng2 dia di segala kondisi.

Trus, cerita berlanjut kekmana pacarnya itu udah ngrubah dia secara tidak langsung, dari pribadi yang dulunya kaku setengah mati dan keras kek batu cadas jadi pribadi baru yang lebih toleran dan terbuka ke orang lain. Bukan karena si pacar nyuruh2, tapi dari kekmana pacar dia memperlakukan dia dan melibatkan dia ke kehidupannya. Dan, yang bikin Ndaru trenyuh, temen Ndaru bilang pacarnya itu udah ngasih dia satu hal yang sangat berharga; tawa. Ternyata, tertawa itu membahagiakan. Padahal, smua orang dapet kesempatan gratis dan luas banget buat ketawa, tapi temen Ndaru ini ngaku dulu jarang banget bisa ketawa lepas dan ngadepin smua masalah dengan tenang2 aja.

Temen Ndaru juga crita kalo dia menyukai cara sang pacar mencintainya dengan sederhana. Pas capek, temen Ndaru dipijitin, dibikinin minum, eh bangun2 di sebelah dia udah ada makanan yang dimasak oleh sang pacar. Hari Sabtu-Minggu, pacarnya juga ngluangin waktu khusus buat dia, buat ngebayar 5hari laennya yang digunain buat kerja. Yah, sekalipun cuma nonton pilem bareng ato jalan2 nyari capung di pinggir sawah, toh mereka bisa ngobrol dan berbagi. Trus, pas ultah, temen Ndaru dapet kejutan dari pacarnya. Pacarnya beliin dia kacamata baru. Tu belinya pake nabung tiap ari 3rebu perak, soalnya gaji dia kagak cukup buat beli tu kacamata dalam sekali bayar.

Tapi, sayang seribu sayang, orangtua temen Ndaru tidak menerima pacarnya. Yah, secara pacar temen Ndaru itu tidak berwajah tampan seperti pacar2 temen Ndaru dulu dan tidak berasal dari golongan sosial yang bagi ortu temen Ndaru pantes buat diperhitungkan. Kalo orang Jawa bilang bibit, bebet, bobot. Pacar temen Ndaru ini mungkin sekali kagak masuk ke kriteria calon menantu yang diidam-idamkan ortu temen Ndaru dah. Parahnya lagi, ortu temen Ndaru ini bener2 menutup mata dan hati buat pacar anaknya. Sekali jelek ya jelek, ga pantes ya ga pantes. Titik ga pake koma. Jadi, tiap kali temen Ndaru usaha buat mempertemukan ortu ma pacarnya tetep aja ga berhasil. Dan, tiap usaha pacar temen Ndaru buat baek2in ortu ceweknya ga pernah dianggep.

Tumbuh di keluarga Jawa membawa temen Ndaru pada satu dogma bahwa patuh kepada orangtua itu adalah sebuah kewajiban mulia. Dan, temen Ndaru jadi sedih banget karena dalam masalah dia, patuh kepada orangtua sama saja dengan mengingkari cinta yang membuatnya bahagia. Trus, mau kekmana? Membangkang atau menuruti saja?

Temen Ndaru bilang, kadang hidup tidak bisa memberi kita banyak pilihan. Ada kalanya kita berada di situasi yang sangat sulit dimana kita harus memilih 2hal yang sama2 kita cintai. Tapi yang pasti, ikutilah kata hatimu, Ru! Yakin dengan apa yang kamu yakini dan berjuanglah untuk itu. Gitu dia bilang ke Ndaru. Akhirnya, temen Ndaru memilih keluar dari kenyamanan yang selama ini udah dia dapet; nama besar ortu, fasilitas dari ortu, dan kasih sayang dari ortu dia sendiri. Dia memilih bersama pria yang dia yakini menjadi teman untuk berbagi hidup. Sampai detik ini, mereka tetap berusaha untuk menjalin hubungan baik dengan ortu temen Ndaru. Yah, meski selalu diusir dan dicemooh, mereka tetep percaya suatu saat ntar ortu temen Ndaru itu akan melihat bahwa mereka bener2 sungguh2 dengan cinta yang mereka perjuangkan, entah itu kapan. Keduanya tetap bersabar dalam pengharapan dan keyakinan.

picture taken from www.gettyimages.com

Tidak ada komentar: