Jumat, 18 Juli 2008

never ending fight


Pernah ngalamin jadi orang yang outcast, kagak dianggep, atau kagak dilirik sama sekali? Bukan karena kita tolol atau ga mampu, tapi karena kita ‘berbeda’ dari orang-orang di lingkungan kita berada. Yah, mereka berasal dari universitas A, kita lulusan universitas C. Mereka sembahyang hari Minggu, kita hari Jumat. Perbedaan2 semacam itu terkesan sederhana memang. Bahkan, orang-orang modern pun beranggapan sangatlah konyol untuk membawa persoalan pilihan paling hakiki dari manusia ke dalam area penghakiman kualitas seseorang. Tapi, kenyataannya itu hidup dan masih bertumbuh subur dalam struktur masyarakat sekarang.

Kita punya kemampuan yang lebih baek dari orang2 di sekeliling kita, tapi kita tetep ga dianggep. Orang laen yang justru dapet posisi penting. Kita juga udah nunjukin etika baek untuk menaati aturan maen, tapi tetep juga ga dianggep. Itu dianggap kewajiban kita. Kita udah bekerja keras buat jabanin acara2 di luar kerjaan, tapi tetep juga ga dianggep. Kita punya ide yang cemerlang cuma dianggep siulan, kalo bagus ya dinikmatin tapi ga pernah diinget, kalo jelek disuruh berhenti. Pokoknya kita harus ngikutin mereka yang dianggep karena mereka sama. Eh, sekali kita bikin kesalahan yang ga disengaja, dipojokin se-pojok2nya, didamprat, diceramahin melebihi panjangnya ceramah seminar nasional. Trus, buntut2nya kita diperlakukan lebih keras, disuruh ini-itu, bahkan kadang di luar dari area yang kita miliki.

Kalo pas kek gini kita emang akan bilang kalo hidup itu ga adil. Tapi, begitulah hidup. Tidak ada rumus pasti dari sebuah perziarahan bernama hidup ini. Dan, kita juga harus menyadari kalo sejak jaman perbudakan sampai hiruk pikuk tentang hak asasi manusia, orang sudah dibeda2kan dari pilihan mereka yang paling hakiki. Jangankan pilihan, keadaan seseorang setelah dilahirin ke dunia aja dibeda2in. Berkulit item dianggep ga sebanding ma kulit putih, tubuh pendek ga sebagus tubuh tinggi, tampang mepet juga ga dapet tempat kalo bersaing ma tampang cakep.

Cukuplah soal perbedaan2 itu. Intinya, ampe bumi ini mau kiamat, orang juga akan tetep melihat kita dari pilihan2 kita yang paling hakiki. Trus, apakah kita akan menyerah pada keadaan, pada nasib? Berbeda latar belakang apakah berarti kita ga bisa nunjukin kalo kita juga mampu dan berhak buat dihargai? Ndaru bilang sih, tetaplah berjuang. Toh, nasib juga akan menyerah pada orang2 yang tekun, yang terus berusaha, yang pantang menyerah, dan berkeyakinan kuat. Kalo toh kita ga dapet penghargaan yang kita arepin dari orang2 di sekeliling kita, paling enggak kita udah nunjukin ke nasib kalo kita enggak menyerah dengan kehadiran dia yang tidak berpihak ke kita. Dan, terhadap lingkungan kita, kita bisa nunjukin kalo kita emang telah ngasih kemampuan terbaek kita. Bahwa seseorang yang dianggep pecundang ini masih bisa berdiri dengan kepala tegak menghadapi barang ciptaan mereka bernama diskriminasi.

Tetep berjuang dan jadi diri kita sendiri, bukan untuk sebuah penghargaan semata, tapi karena apa yang kita kerjain itu adalah kita yang sebenarnya. Setuju? Ato ga?, ini kan cuma blog. Hehehe.

Tidak ada komentar: