Rabu, 23 Juli 2008

Kliwon Van Darmijn


Beberapa hari ini Ndaru banyak merhatiin Kliwon, herder kapiran Ndaru satu-satunya itu. Hari minggu maren Ndaru sempet marah ma dia. Alkisah, di hari Minggu itu Ndaru bikin jadwal khusus buat ngepel seluruh lantai rumah (pokoknya tiap ada lantai dipel dah). Pas Ndaru sibuk ngepel, Kliwon pergi entah kmana. Biasanya jam2 sgitu di hari Minggu Kliwon emang ngloyor. Nah, pas Ndaru tinggal nylesein setengah bagian dari dapur, alangkah terkejutnya Ndaru ngliat setengah lantai2 dapur jadi penuh ma cap kakinya Kliwon. Si Kliwon ribut, gelisah, dan terus aja berlari2 di sekitar dapur. Tu ekspresi yang dia tampilin kalo nemu tikus.

Alhasil, marahlah Ndaru. Bagian dapur emang daerah yang rada ribet buat dibersihin. Tu napa Ndaru bener2 ngrasa dongkol. Spontan, Ndaru treak, ‘Kliwooooooonnnn!’ dengan ekspresi menakutkan, soalnya Kliwon langsung berhenti gonggong dan takut ngliat muka asem Ndaru, hehehe. Seperti nyadar kalo dia salah karena udah ngotorin lantai yang lagi dipel ma juragannya, Kliwon jadi diem.

Ndaru ngulang lagi ngepel lantai2 di dapur dengan dongkol. Celakanya, gara2 ulah Kliwon mood Ndaru jadi ga beres hari itu. Udah maren2 dipusingin ma kerjaan yang terus2 aja numpuk dan dikejar deadline kerjain ini-itu, doooh cuma ngepel lantai aja bangkitin sentimen ma suasana di kantor. Ndaru pun nyuekin Kliwon spanjang ari. Kasi makan juga kasi aja, ga pake sapaan ma becanda kek biasanya. Dan Kliwon ngeh deh kalo Ndaru marah. Dia ga berani tidur di deket Ndaru, bahkan cuma nongkrong di deket pintu ruang tengah pas Ndaru nonton tipi.

Trus, agak lama gitu, Ndaru iseng ngelirik ke arah Kliwon. Matanya teduh banget, dan dia terus ngliatin Ndaru pake muka polosnya. Eh, tiba2 Ndaru jadi nyadar, Kliwon kan tahu kalo dia kagak boleh nginjek lantai sehabis dipel, apalagi abis maen kek gitu. Pasti ada alesan napa Kliwon yang baru pulang maen tiba2 terbirit2 masuk ke dapur dan gonggong2 gitu. Kok Ndaru jadi gak ngertiin si Kliwon yang pasti bakal ngejar tikus, kucing ato hal laen yang mencurigakan dalam kondisi apapun yak? Spontan dah, Ndaru siulin Kliwon dan Ndaru peluk dia. Eh, Kliwonnya langsung seneng dan muterin ekornya bikin kipas angin gratis.

Abis didiemin Ndaru seharian pun Kliwon kagak balas dendam sama skali. Dia tetep berlaku sebagai anjing baek; tungguin Ndaru, temenin Ndaru jogging, dan ngajak maen abis Ndaru kasi makan. Ah, si Kliwon! Giliran Ndaru lagi pusing ma kerjaan aja Ndaru bisa jadi serba menyebalkan ke semua orang dan Kliwon sendiri. Yah, Kliwon udah ngasi Ndaru pelajaran berharga buat tidak termakan oleh keadaan, buat ngontrol emosi, ngertiin kondisi yang laen di tengah kesumpekan kita ndiri, dan ga ngungkit2 kejadian yang udah terjadi.

Tidak ada komentar: