Rabu, 23 Juli 2008

menghargai



Dulu pas ndaru SMA, ada 1 mata pelajaran yang berkesan banget buat ndaru. Kebetulan pengampu mata pelajaran ini adalah seorang bruder sepuh dari Belgia, nama aslinya sih Br. Paulus Van Heisten tapi karena lama di Indonesia namanya jadi Paulus Pramudyarkara *pengin nyaru jadi orang Kulon Progo keknya ni bruder bule*. Pas THB dia bikin 1 soal yang gokil abis. Soal terakhir dia nanya gini *Siapa nama komplet penjaga sekolah kita?*. Pas itu Ndaru taunya cman nama panggilan si bapak itu, Pak Min, karena kebetulan ndaru sering ketemu ni bapak klo pas butuh kunci ruangan. Karena ndaru anggep tu pertanyaan becandaan, makanya ndaru ngisinya sekena-nya, dan rata2 temen2 ndaru banyak yang mengisi se-enak perut.

Di akhir test, Br. Paul bikin pengumuman bahwa tu soal bobotnya 10%. *pas itu ndaru dapet 5% soalnya cman tau nama panggilannya doang*. Banyak siswa2 yang pada protes tapi si bruder bule bilang "Pada perjalanan karirmu, kamu akan ketemu banyak orang. Semuanya penting!. Semua harus kamu perhatikan dan pelihara, walaupun itu cuma dengan sepotong senyuman, atau sekilas *halo*!". Namanya Pak Suparmin. Sejak saat itu ndaru inget banget tampang ma nama tu bapak.

Dari pelajaran itu ndaru bisa tau, kekmana menghargai orang, bahkan hal paling simpel seperti mengingat nama adalah sebuah penghargaan yang luar biasa buat orang. Coba bayangin klo pada suatu hari kita lagi belanja misalnya, trus ketemu temen lama, yang kita inget bener ma tampang n namanya, dan pas kita sapa dia bilang "eh elu sapa yak?". BT ga digituin? Pasti dongkol dong, apalagi klo kita udah susah2 ceritain semuanya ke dia dan dianya masih bingung. Sisakanlah sedikit ruang di otak kita buat mengingat siapa2 yang pernah mengunjungi hidup kita. Karena ketika kita menghargai orang, orang juga mau menghargai kita

Tidak ada komentar: