Selasa, 29 Juli 2008

pasrah dan tekun


Sekali lagi cerita tentang temen Ndaru dah. Tapi, ini bukan tentang dia yang tidak putus-putusnya berharap pada penerimaan ortu akan pilihan hidupnya loh! Ganti temen laen yang Ndaru critain. Ga tau ada pesona apa yang bikin orang2 pada curhat ma Ndaru,,,hehehehe.. Temen Ndaru ini tinggal sekomplek ma Ndaru di Salatiga. Cewek tinggi tegap, smart, dan berbadan atletis yang mengidap leukemia stadium 2.

Yah, sebagai penderita kanker darah, hari2nya pun dilaluinya dengan berobat, berobat, dan berobat. Dia rajin mengikuti pengobatan medis, rajin doa tiap malem jam12, dan rajin ngikutin pengobatan alternatip juga. Dia sama sekali kagak mengeluh tentang penyakitnya dan menjalani hari2nya kek orang biasa. Malah, dia yg slalu smangat ngajakin Ndaru jogging tiap pagi ato ke tempat fitness tiap sore. Kalo ajakan kek gitu pasti Ndaru banyak nolaknya. Hihihi. Tiap ari dia juga masih rajin ngajakin Ndaru ke pasar, ngajarin Ndaru masak, dan sharing2 ke Ndaru soal melukis. Kadang, temen Ndaru entu beranggapan bahwa dia baek2 aja. Dokter udah nglarang makan cokelat dan mie instan, eh dia malah beli dua barang itu sekardus. Ndaru cuman bisa geleng2 pala kalo liat dia rakus makan cokelat, ya meski akhirnya Ndaru ikutan makan juga si. Hehehe.

Tapi, ada kalanya dia bener2 sumpek dan capek dengan keadaan yg terus saja menghimpitnya. Pernah, abis pingsan dan sempet buta beberapa menit, dia minta Ndaru buat beliin tiket. Dia pengen pulang ke Sulawesi sono dan ogah ngikutin pengobatan. Katanya, kalo mau mokat, mokatnya di deket keluarganya aja. Kalo ga kek gini ya dia maen spuasnya, makan sembarangan, dan beranggapan bahwa smua baek2 aja. Ujung2nya, tepar dah!

Eh, tapi minggu kmaren dia udah seger lagi, dateng ke rumah Ndaru sambil senyum penuh bunga2 mekar. Dia mutusin skarang buat menjalani hidup sehat; makan sayur dan buah sekaligus menghindari bahan2 pengawet dulu. Tiap pagi dia rajin jogging lagi, tiap sore ke tempat fitness. Dia bilang ke Ndaru kalo sekarang dia udah menerima keadaan dan mau menjalani semua dengan senang hati. Trus, ikutan lagi pengobatan alternatip. Pengobatan medis cuman dia kerjain untuk mengecek perkembangan sel2 kankernya.

Kadang, pas kita berada di situasi sulit, kita masih menyangkalnya, ga bisa menerima, dan terus saja bertanya mengapa pada nasib. Padahal, kesulitan tidak berarti akhir dari segalanya. Kena leukemia blon tentu akan ninggal. Yang penting adalah kekmana kita menghadapi semua itu dengan sepenuh hati. Temen Ndaru yang udah berdamai dengan keadaan itu pun akhirnya menjalani hidupnya dengan bahagia. Dia menerima nasibnya sebagai penderita kanker darah. Katanya sih, yah anggep aja sekarang dia malah bisa hidup sehat dan menghargai bahwa hidup itu berharga. Persoalan mau mati apa sembuh, serahkan saja pada Tuhan. Tuhan ga tidur ko Ru!

Hihihi…mang Tuhan tidur juga kek kita yak?

Tidak ada komentar: